Kamis, 08 Juni 2017

Di Ponpes Madrasatul 'Ulum Lubuak Pua 117 Santri Tingkat SD Selesai Mengikuti Pesantren Ramadhan

Di Ponpes Madrasatul 'Ulum Lubuak Pua
117 Santri Tingkat SD Selesai Mengikuti Pesantren Ramadhan

VII Koto--Seperti puasa tahun lalu, momen Ramadhan kali ini Pondok Pesantren (Ponpes) Madrasatul 'Ulum, Lubuak Pua, Nagari Balah Aie Utara, Kecamatan VII Koto Sungai Sariak, Kabupaten Padang Pariaman kembali menggelar Pesantren Ramadhan.
    Ketua Pesantren Ramdhan-nya, H. Ahmad Yusuf Tuanku Sidi bersama Sekretarisnya Kamariati menjelaskan, bahwa Pesantren Ramadhan tingkat Sekolah Dasar (SD) baru saja selesai, siang Rabu (7/6) kemarin, dan diikuti sebanyak 117 santri dan santriwati dari sejumlah SD yang ada di sekitaran Balah Aie Utara.
    Kamariati menambahkan, bahwa untuk tingkat SMP baru saja dimulai, Kamis ini. "Alhamdulillah, karena baru mulai, pelajar SMP yang terdaftar baru 39 orang. Biasanya, malam nanti atau besok (hari ini), biasa santri yang sedang duduk di SMP itu akan semakin bertambah untuk program tahunan Pemkab Padang Pariaman ini," kata Kamariati.
    "Di samping mengajarkan materi pokok, seperti keimanan, ibadah dan akhlak, kita juga menambah dengan materi yang tidak kalah pentingnya, yakni Hafidz Quran, dan Tahsyinul Quran," ujar Kamariati.
    Menurut dia, bagi murid SD, materi praktek ibadah agak dilebihkan, mengingat masih banyak anak-anak itu yang belum tahu sepenuhnya tatacara beribadah yang benar. Maklum, mereka masih masuk dalam kategori anak-anak, yang kadang-kadang dalam beribadah masih dibujuk-dibujuk oleh guru dan orangtuanya.
    Begitu juga Hafidz Quran. "Meskipun yang kita ajarkan dan anjurkan baru surat pendek, paling tidak ini tentu akan menjadi motivasi bagi santri yang ikut dalam Pesantren Ramadhan kali ini untuk sebuah keinginan menlanjutkan Hafidz Quran demikian yang tred saat ini," ungkapnya.
    Pihaknya berharap, semua anak-anak yang ikut Pesantren Ramadhan tahun ini bisa menjadi yang terbaik, meskipun waktunya sangat terbatas. "Kita ingin, para santri ini bisa melanjutkan nantinya ke Pesantren Madrasatul 'Ulum ini nantinya dalam melanjutkan studinya," tambah Ahmad Yusuf Tuanku Sidi yang juga Pimpinan Ponpes Madrasatul 'Ulum tersebut. (501)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar