Senin, 12 Juni 2017

Dalam Memperingati Nuzul Quran Gerak Ramadhan Masjid Baiturrahmah Lubuk Alung Gelar MSQ

Dalam Memperingati Nuzul Quran
Gerak Ramadhan Masjid Baiturrahmah Lubuk Alung Gelar MSQ

Lubuk Alung--Musabaqah Syarhil Quran (MSQ) tingkat remaca se Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman, Minggu (11/6) malam lalu berlangsung meriah. Para peserta yang merupakan utusan dari lembaga Taman Pendidikan Quran dan Taman Pendidikan Seni quran (TPQ/TPSQ) itu tampak antusias mengikuti acara yang diadakan Gerak Ramadhan Masjid Baiturrahmah Lubuk Alung tersebut.
    Ketua Panitia Ade Arinando menjelaskan, MSQ merupakan pertama kali diadakan di masjid ini. Dan kegiatan itu merupakan adanya aktivitas remaja Masjid Baiturrahmah yang baru saja terbentuk.
    "Meskipun banyak kekurangannya, acara yang kita persiapkan sejak jauh hari ini cukup memberikan kesan berarti bagi kita yang mengadakannya," kata Ade Arinando. Dengan selesainya acara itu dia menyampaikan terima kasih banyak kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan moril dan materil untuk kesuksesan MSQ demikian.
    Yang namanya MSQ, tentu sekali tampil berdiri tiga orang remaja. Seorang membaca Quran lengkap dengan Tajwid dan Iramanya, seorang lagi menerjemahkan apa yang baru saja dibaca oleh temannya tadi. Nah, seorang lagi yang menguraikan isi kandungan Quran tersebut lewat ceramah.
    Satu-persatu kelompok peserta yang merupakan santri dan santriwati dari sejumlah TPQ/TPSQ yang ada di Kecamatan Lubuk Alung tersebut tampil dihadapan juri yang akan menilainya. Para santri itu tampil melalui petunjuk yang diarahkan melalui lampu pengingat. Yakni ada masanya untuk mulai yang ditandai hidup satu dari tiga lampu pengingat, dengan melafaskan Basmalah, dan lanjut membaca ayat, dan tentu ada pula tanda lampu menyala untuk saatnya para santri menghentikan aktivitasnya.
    Menurut Ade Arinando, MSQ yang diikuti 11 kelompok santri demikian diharapkan mampu memberikan yang terbaik. "Paling tidak, kita telah menanamkan motivasi kepada remaja dalam arti penting MSQ itu sendiri," ungkapnya.
    Katanya lagi, acara ini juga sekalian memperingati Nuzul Quran yang jatuh setiap tanggal 17 Ramadhan. "Semoga saja lomba ini menjadi pembuka untuk kegiatan-kegiatan lainnya di Masjid Baiturrahmah ini yang akan digagas oleh pengurus dan remaja masjid nantinya," harapnya. (501)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar