Kamis, 03 Mei 2018

Di Pulau Sebatik Empat Pramuka Penegak dan Pandega Padang Pariaman Ikut Kemah Bela Negara Tingkat Nasional

Padang Pariaman--Kwartir Cabang 0305 Gerakan Pramuka Padang Pariaman mengirimkan empat orang Pramuka Penegak dalam kegiatan Kemah Bela Negara tingkat nasional I 2018, yang berlansung dari 2 - 7 Mei 2018, di Bumi Perkemahan Bambangan, Pulau Sebatik, Kabupaten Nunukan, Provinsi Kalimantan Timur, tepat pulau yang berbatasan langsung dengan Tawau, Serawak, Malaysia.
Ketua Harian Gerakan Pramuka Padang Pariaman, Dewiwarman Chaniago kepada Singgalang menyebutkan, peserta yang dikirim merupakan hasil seleksi terbatas yang diadakan Kwartir Cabang 0305 Gerakan Pramuka Padang Pariaman selama dua hari dari 21 - 22 April 2018. "Seleksi diawali dengan menyurati sekolah/Gugus Depan SMA/SMK/MA di Kabupaten Padang Pariaman," kata Dewiwarman yang juga anggota Komisi I DPRD Padang Pariaman ini.
Menurut dia, dari sekian banyak Gudep SLTA di Kabupaten Padang Pariaman, hanya empat sekolah yang bersedia mengirimkan Pramuka Penegak-nya untuk diseleksi. Hasil seleksi tersebut akhirnya ditetapkan empat peserta Kemah Bela Negara Nasional dari Kwarcab Padang Pariaman, yaitu Zainal Hamdi, dari Gudep MAN 1 Padang Pariaman, Rahulfi Alfajrul, dari Gudep SMAN 1 V Koto Kampuang Dalam, Tiara Sundari dari Gudel SMAN 2 Sungai Limau, Silvia Wiranda Agustin dari Gudep SMAN 1 IV Koto Aua Malintang.
"Peserta ini sudah berangkat ke Sebatik pada 30 April 2018 lalu dengan pesawat udara, yang didampingi Azmar Risal, Andalan Cabang Pramuka Padang Pariaman. Insha Allah, setelah dua kali transit, yaitu Bandara Soekarno Hatta dan Sepinggan, Balik Papan, kemudian menyeberang dengan Kapal Feri sekitar 10 jam, kontingen Padang Pariaman sampai dengan selamat di Pulau Sebatik," ungkap Dewiwarman.
Menurutnya, saat ini semua peserta Kemah Bela Negara sedang mengikuti Sub Camp di rumah-rumah penduduk di Sebatik. "Kemah Bela Negara tahun ini merupakan yang pertama digelar di Indonesia, dan menurut keterangan dari Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, kegiatan ini akan digelar setiap tahun," sebut anggota dewan dari PPP ini.
Katanya lagi, tahun 2019 mendatang akan dilaksanakan di Jayapura, dekat perbatasan dengan Papua Nugini. Tujuan utama kegiatan Kemah Bela Negara adalah menjalin persatuan dan kesatuan serta merekat generasi muda bangsa, meningkatkan pengabdian dan semangat bela negara di kalangan generasi muda, terutama anggota Pramuka
Namun, ujar Dewiwarman, secara umum Kemah Bela Negara di tujukan untuk membina dan mengembangkan persaudaraan dan persatuan di kalangan Pramuka Penegak dan Pandega serta memberi kepada mereka kegiatan yang inovatif, kreatif, edukatif, rekreatif dan produktif, mengarah kepada cinta tanah air, kemampuan untuk mandiri dalam kehidupannya dan dapat menjadi magnet kegiatan anak muda serta menjadi inspirasi di kalangan masyarakat, khususnya di wilayah pulau terdepan Indonesia.
"Kontingen Padang Pariaman akan berangkat kembali ke kampung halaman 8 Mei sore, dan insha Allah tanggal 9 Mei siang sudah sampai di BIM," ujarnya. (501)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar