Senin, 27 Februari 2017

Bamus Harus Mampu Menyerap Aspirasi Masyarakat

Dilantik Bersama di V Koto Kampuang Dalam
Bamus Harus Mampu Menyerap Aspirasi Masyarakat

Kampuang Dalam--Sebanyak 41 Orang anggota Bamus se- Kecamatan V Koto Kampuang Dalam, Kabupaten Padang Pariaman, Senin (27/2) dilantik. Pelantikan dan pengambilan sumpah yang dilaksanakan di Kantor Camat V Koto Kampuang Dalam itu dihadiri sejumlah pejabat daerah.
    Asisten Pemerintahan Setdakab Padang Pariaman, Idarussalam, Kepala Bidang BPMD, Heriza Syafani, Camat V Koto Kampuang Dalam,  Syafril, Kapolsek AKP Yusuf dan walinagari se-kecamatan itu juga hadir.
    Dalam pelantikan 41 anggota Bamus yang terdiri dari dua nagari antar waktu sebagai nagari induk, dan enam nagari hasil pemekaran. Kedelapan nagari tersebut terletak di Sikucua dan Campago.
    Kepela daerah yang diwakili Asisten Pemerintahan Idrussalam menyampaikan, anggota Bamus yang dilantik harus mampu menyerap aspirasi masyarakat sesuai dengan harapan pemerintah Kabupaten Padang Pariaman yang religius, cerdas, dan sejahtera.
    "Melalui Bamus nagari, semua program hendaknya terlaksana dengan baik, dalam pengawasan dan pelaksanaan Perna di nagari serta penganggaran yang tepat guna," kata dia.
   
    Ali Darma, Ketua Bamus Nagari Sukucua Barat
    Selesai upacara pelantikan, Ketua Bamus Nagari Sikucua Barat, Ali Darma yang akrab disapa Ujang menyampaikan akan menjalin kekuatan untuk membangun nagari ini malaui aspirasi masyarakat, serta menggali potensi yang ada di nagari.
    "Tentunya kita akan menyatukan visi misi demi percepatan pembangunan yang sesuai dengan koridor pengawasan, serta penganggaran pemakaian dana nagari," ujar dia.
    Untuk menjaga kekompakan, pihaknya akan menyatukan seluruh elemen yang ada di nagari, melalui unsur-unsur yang ada, seperti tokoh agama, tokoh adat, niniak mamak, dan pemuka masyarakat.
    "Di samping unsur tersebut, kita juga akan membentuk pemberdayaan di bidang SDM, pendidikan, ekonomi, kesehatan, wisata, budaya dan agama," ungkap Ujang.
    Menurutnya, nagari pemekaran ini langkah awal untuk mempersiapkan penitia pemilihan walinagari dan mengantarkannya sampai depinitif yang bekerjasama dengan Pj. Walinagari.
    Sekarang, kata Ujang lagi, pihaknya menunggu intruksi dari pemerintah daerah. Dia juga secepatnya membentuk tata tertib Bamus. Di samping sebagai ketua, Ujang mempunyai empat orang anggota untuk menjalankan keterwakilan yang sekarang. (501)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar