Kamis, 02 Februari 2017

Masyarakat Nagari Sintuak Antusias Menanam Manggis

Masyarakat Nagari Sintuak Antusias Menanam Manggis  

Sintuak--Masyarakat Nagari Sintuak, Kecamatan Sintuak Toboh Gadang, Kabupaten Padang Pariaman menyambut antusias program penanaman bibit manggis yang digagas oleh walinagarinya. Hingga kini sudah hampir 50 persen bibit yang disediakan nagari itu diberikan kepada warga yang sudah menyediakan lubangnya. Ditargetkan pertengahan Februari ini tuntas.
    Ketua Tim Pengelola Kegiatan (TPK) Nagari Walinagari Sintuak yang menjalankan program bibit manggis ini, Zeki Aliwardana, Kamis (2/2) menyebutkan, setiap warga yang ingin mendapatkan bibit manggis mendaftarkan jumlah lobang yang akan ditanam bibit manggis ke kantor Walinagari. Lobang yang dilaporkan selanjutnya disurvey. Apakah jumlah lobang yang dilaporkan benar, sesuai dengan ukuran yang sudah ditetapkan.
    Menurut Zeki Aliwardana, setelah disurvey dan bibit manggis diantarkan ke petani dan lokasi penanaman, ternyata masyarakat semakin antusias untuk menanam. "Semula sebagian masyarakat beranggapan program ini kurang serius. Mereka sebelum mendapatkan informasi yang kurang lengkap. Sehingga kurang serius menggali lobang bibit manggis. Setelah kami turun langsung ke lapangan, mereka pun yakin dengan program ini," kata Zeki.
    Dari 10.000 bibit manggis yang sudah disediakan, kata Zeki, ternyata permintaan masyarakat jauh melampaui target bibit yang disediakan. Masih banyak warga yang belum menggali lobang di lahannya sehingga tidak bisa diberikan bibit. Selain itu, masih ada lahan kosong milik warga yang siap ditanami manggis. Dari kalkulasi sementara, bisa mencapai 15.000 bibit manggis yang dibutuhkan.
    Dengan meningkatnya permintaan tersebut, kemungkinan akan ditambah sebanyak  5.000 bibit manggis lagi. Kemungkinan ada penambahan bibit tahun 2017 ini, tentu melalui pembahasan bersama Bamus. "Pengadaan bibit manggis ini merupakan penguatan ekonomi masyarakat dengan penanam manggis. Mudah-mudahan nanti manggis ini menjadi pohon duit (uang) bagi masyarakat Nagari Sintuak," kata Zeki Aliwardana.
    Penyerahan bibit manggis ini sudah dilakukan Wakil Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur kepada kelompok tani manggis Nagari Sintuak dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat, di Korong Rimbo Karanggo, Selasa lalu. Penyerahan disaksikan Dandim 0308 Pariaman Letkol. Endro, Anggota DPRD Padang Pariaman Fraksi PKB Hasan Basri, Camat Sungai Limau Defriatos (sebelumnya Camat Sintoga), Camat Sintoga Elda Husniwar, Walinagari Sintuak Anasril Nazar, para walikorong di Sintuak dan perwakilan petani penerima bibit manggis. (501) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar