Rabu, 08 Februari 2017

Pesantren Darul Ulum Padang Magek Butuh Bantuan


Pesantren Darul Ulum Padang Magek Butuh Bantuan

Tanah Datar--Pondok Pesantren Darul Ulum Padang Magek, Tanah Datar, Sumbar, didirikan seorang ulama yang bernama Buya Tuanku Salim Malin Kuniang tahun 1942. Beliau lahir tahun 1914 dan meninggal dunia 1987. Semasa hidupnya pernah menjabat WaliNagari selama 3 periode di masa Orde Lama.
    "Kini Pesantren Darul Ulum butuh pengembangan tempat tinggal santri. Tempat yang ada sudah tidak muat untuk jumlah santri yang semakin bertambah. Kami butuh uluran tangan donatur dan sumbangan tidak mengikat dari semua pihak," kata H. Syahyuti Abas, pucuk pimpinan pengelola Pesantren Darul Ulum di Padang Magek, beberapa waktu lampau.
    Disebutkan, Pesantren Darul Ulum ini berada di pinggiran pemukiman masyarakat, di Jorong Guguk Gadang, Padang Magek. Sejak tahun 1999 sampai sekarang, belajar mengajar di pondok ini dipimpin Buya Jakfar Tuanku Imam Mudo. Beliau berasal dari Nagari Aripan, Kabupaten Solok.
    Menurutnya, Pesantren ini berkembang pembangunannya berkat dukungan masyarakat, kaum muslimin dan muslimat serta bantuan pemerintah. Kini pondok ini berdiri kokoh dengan sebuah bangunan utama 2 tingkat dan satu buah mushalla. Pondok ini juga di kelilingi surau-surau kecil milik masyarakat yang di tempati oleh para santri belajar mendalami kitab kuning.
    Santri yang menimba ilmu agama dengan mendalami kitab kuning di pesantren ini, antara lain berasal dari Kabupaten Padang Pariaman, Kabupaten Solok, Kota Sawahlunto, Kabupaten Limapuluh Kota, Kabupaten Dharmasraya, dan Kabupaten Tanah Datar sendiri.
    Tuanku Jakfar Imam Mudo, mengatakan, pada tahun-tahun terakhir ini jumlah santri semakin banyak. Hingga kini santri laki-laki dan perempuan sekitar 300 orang. Tempat tinggal santri menjadi sempit. Tempat yang tersedia tidak memadai lagi. Untuk itu perlu ditambah bangunan sederhana sebagai solusinya.
    Karena itu, baik Syahyuti Abas maupun Tuanku Jakfar memberikan kesempatan kepada kaum muskimin dan muslimat dimana saja berada, yang berniat berimfak, bersedekah untuk kebutuhan pesantren ini dapat mengirimkan bantuan ke: No Rek. Bank Nagari 0300.0210.03675-1. A/n. Bos PPS Pesantren Darul Ulum Padang Magek.
    Atau bisa diantar langsung ke alamat Desa Guguak Gadang, Padang Magek, Tanah Datar, Sumbar, sambil rekreasi melihat wisata religi dan wisata alam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar