Senin, 26 Agustus 2019

Perilaku Hidup Sehat Harus Mulai dari Diri Pribadi

Kampung Dalam--Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni bersama isteri ikut bersenam bersama masyarakat di lapangan bola Nagari Campago, Kecamatan V Koto Kampung Dalam. Acara itu sekalian memeriahkan implementasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), Senin (26/8).
Ali Mukhni memberikan apresiasi kepada Kepala Dinas Kesehatan atas terselenggaranya acara tersebut karena menurutnya salah satu indikator hidup sehat adalah rela mengorbankan apapun demi kesehatan. "Ruang lingkup Germas yaitu peningkatan aktifitas fisik, seiring peningkatan perilaku hidup sehat, penyediaan pangan sehat dan percepatan perbaikan gizi, peningkatan pencegahan dan deteksi dini penyakit, peningkatan kualitas lingkungan hidup dan peningkatan hidup sehat," jelasnya.
Peraih penghargaan Ksatria Bakti Husada tahun 2015 lalu itu menghimbau masyarakat untuk melaksanakan hidup sehat melalui berbagai sikap dan gaya hidup. "Kita sudah sering menghimbau masyarakat untuk melaksanakan hidup sehat. Hidup sehat hendaknya di awali dari diri pribadi. Kalau kita semua sudah sadar akan kesehatan maka hidup sehat dapat dilaksanakan," hematnya.
Bupati dua periode itu juga berharap semua lapisan masyarakat berkomitmen pada diri sendiri untuk menjaga kesehatan, baik itu kesehatan pribadi maupun lingkungan sekitar. "Perbanyaklah konsumsi buah dan sayur. Minimal satu mangkok untuk satu orang agar asupan gizi dalam tubuh dapat terpenuhi dan seimbang," lanjutnya.
Ali Mukhni mengajak masyarakat untuk meninggalkan lingkungan yang kotor dan ucapkan selamat datang kepada lingkungan bersih serta berupayalah untuk berhenti merokok. Sebagai permulaan, implementasi Germas di Padang Pariaman akan dilaksanakan di tiga nagari di tiga kecamatan, yaitu Nagari Campago di V Koto Kampung Dalam, Parit Malintang di  Enam lingkung, dan Lareh Nan Panjang Sungai Sariak di VII Koto Sungai Sariak. (501)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar