Minggu, 25 Agustus 2019

Gali Potensi Adat dan Budaya, Sintuak Gelar Alek Nagari

Sintuak--Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni membuka festival alek nagari Padang Pariaman bersinergi dengan Nagari Sintuak, Kecamatan Sintuak Toboh Gadang di Laga-laga Balai Usang, Sintuak, Sabtu (24/8).
Turut hadir Wakil Suhatri Bur, Ketua DPRD Happy Neldi, Sekretaris Daerah Jonpriadi, Kepala Dinas Kebudayaan Sumtera Barat Gemala Ranti, Kepala Pelaksana BPBD Sumatra Barat Erman Rahman, Kepala Balai Bahasa Sumbar Dwi Sutana, Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya Sumbar Nurmatias, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Rahmang, Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Jon Kenedi, dan beberapa anggota DPRD lainnya antara lain Firdaus, Suryadi Zuhri Ali.
Bupati Ali Mukhni memberikan apresiasi kepada Kepala Dinas beserta camat dan walinagari atas terselenggaranya acara ini. "Seperti yang kita ketahui semakin banyaknya generasi muda saat ini kurang memahami tentang adat dan budaya Minang. Untuk itu perlu diadakannya festival budaya seperti ini," ujarnya.
"Adapun tujuan dari penyelanggaraan acara ini, yakninya untuk menggali potensi seni budaya traditional Minangkabau di Padang Pariaman dan menumbuh-kembangkan nilai-nilai budaya berlandaskan adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah di bumi Padang Pariaman," katanya.
Peraih penghargaan Satya Lencana Pembangunan itu menjelaskan, bahwa bentuk dari kegiatan ini adalah tampilan kreativitas anak nagari dalam penyambutan tamu di Padang Pariaman, tampilan tradisi ulu ambek anak nagari, tampilan silat tradisi dan silat laga, dan tampilan indang tradisi. "Melalui festival yang berlangsung ini diharapkan dapat menciptakan pelestarian budaya agar generasi muda dapat mengetahui tentang budaya Minang dan agar budaya tersebut dapat dilestarikan," tandasnya.
Festival alek nagari Padang Pariaman bersinergi dengan Nagari Sintuak berlangsung hingga 11 September 2019. (501)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar