Senin, 26 Agustus 2019

Kompol Maymuspi Siap Maju, 18 Ribu Anggota Solid Tiga Tahun PORBI tak Ada dalam Anggaran APBD Padang Pariaman

Padang Pariaman--Dalam gelaran rapat Persatuan Olahraga Buru Babi (PORBI) Kabupaten Padang Pariaman yang di helat di Hall Saiyo Sakato, Senin (26/8) dengan tema; Analisa dan Evaluasi (ANEV) PORBI untuk Memperkuat Tradisi Adat Baburu di Padang Pariaman yang dipimpin langsung oleh sang ketua KomPol Maymuspi atau yang akrab disapa "Epi Karuik" itu berlangsung khidmat dan sukses.
Acara diawali dengan laporan Ketua PORBI Epi Karuik kepada seluruh undangan yang hadir tentang kinerja organisasi sejak dibawah pengendaliannya sampai saat ini. Seyogyanya sebagai seorang ketua, dia merasa masih kurang puas dengan perjalanan PORBI Padang Pariaman walaupaun sesungguhnya organisasi itu telah sukses menjadi suatu kekuatan besar yang mampu menjadi harapan petani dalam membasmi hama babi hutan.
Beberapa analisa yang menjadi titik lemah organisasi terbesar di Padang Pariaman itu juga menjadi bahan untuk diperbaiki dikemudian hari dan evaluasi tentang sumber dana yang notabenenya sudah tidak ada lagi dianggarkan melalui dinas terkait sejak tiga tahun belakangan juga menjadi perbincangan yang mengagetkan dalam rapat PORBI itu.
Bagaimana tidak, untuk memutar organisasi sebesar PORBI ini setidaknya membutuhkan dana tak kurang dari Rp50 juta setiap tahunnya. Dengan tiadanya suplai dana bantuan dari Pemkab sudah dapat dipastikan bahwa sang ketua dan jajarannya harus memutar otak bahkan "badoncek" dalam mencukupi kebutuhan dan keberlangsungan perburuan setiap tahunnya.
Namun hal ini tak menjadi soal bagi seorang Komisaris Polisi yang menjabat sebagai Kabag Ren di Polres Padang Pariaman itu. Terlihat jelas seluruh agenda PORBI dapat terlaksana dengan baik, bahkan PORBI daerah ini menjadi acuan bagi PORBI kabupaten/kota lain di Sumbar sebagai PORBI yang paling eksis mengedepankan tradisi adat dalam setiap perburuannya.
Terlepas dari itu semua, dihadapan setidaknya 150 orang pengurus PORBI dari 17 kecamatan yang hadir, Epi Karuik menyampaikan akan selalu berbuat yang terbaik untuk masyarakat. Tidak hanya melalui PORBI ini, juga sebagai Ketua ASKAB PSSI dan IOF Padang Pariaman, Epi Karuik akan selalu mengabdi dan hadir saat masyarakat membutuhkan. Dekat dan merakyat adalah ciri keseharian putra asli V Koto Kampung Dalam itu.
Rapat memanas dan riuh setelah jeda makan siang dan shalat. Di awali penyampaian kesimpulan pembahasan oleh Hardi Candra, Selaku MC, salah seorang Muncak bertanya kepada ketua melaluinya; "benarkah kabar angin yang kami dengar di lapangan bahwasannya Ketua Epi Karuik akan maju menjadi Bupati Padang Pariaman di Pilkada 2020"..? Tanyanya bersungguh-sungguh. Sontak saja pertanyaan itu seakan membuka kran pertanyaan yang sama di hati hampir seluruh yang hadir.
Di hadapan peserta rapat yang mulai riuh dan memanas akan jawaban dan kepastian langsung dari sang ketua, Epi Karuik menjawab dengan lirih dan mantap. "Apabila masyarakat PORBI yang beranggotakan hampir 18 ribu tercatat di KTA menginginkan, maka saya siap secara moril dan materil menuju gedung IKK di Parit Malintang, baik sebagai Cawabup maupun sebagai Cabup," ungkapnya disambut tepuk tangan dan sorakan meriah anggota rapat.
Gayung bersambut, serempak tanpa komando seluruh peserta rapat menyambut dengan suka cita. Mereka seakan puas dan yakin karena jawaban di dengar langsung keluar dari mulut Ketua PORBI, sang kandidat BA 1 F persis sama dengan "kabar burung" yang selama ini mereka dengar. Sontak teriakan, "PORBI, solid, solid, solid. Dari peserta rapat yang rata-rata Muncak itu seakan memecah Hall Saiyo Sakato sebagaimana teriakan para Muncak dalam rimba perburuan yang "menghilir - memudikkan" arah perburuan.
Semoga saja semangat menyambut pernyataan sikap Epi Karuik untuk siap maju sebagai kandidat bupati ataupun wakil bupati dalam Pilkada  yang akan dihelat September 2020 itu bisa bertambah. "Walaupun kali ini baru dimotori anggota PORBI, ke depannya kita berharap dari organisasi-organisasi lain yang dipimpin beliau juga menyatakan sikap dukungan," harap Ramli Sidik, selaku Wakil Ketua PORBI Padang Pariaman. (501)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar