Senin, 29 Oktober 2018

Raida VI Sumbar di Padang Besi Kwarcab Pramuka Padang Pariaman Kirim 25 Utusan

Padang Pariaman--Raimuna Daerah (Raida) VI Sumatera Barat 2018 yang akan digelar 4-8 November nanti di Bumi Perkemahan Padang Besi, Kwarcab Pramuka Padang Pariaman mengirim 25 peserta untuk ikut acara tersebut. Peserta yang jadi utusan itu telah mengikuti serangkaian penseleksian yang diadakan Kwarcab daerah ini beberapa waktu lalu.
Ketua Harian Kwarcab Pramuka Padang Pariaman Dewiwarman kepada Singgalang, Senin kemarin menyebutkan, 25 peserta itu terdiri dari 10 orang putra dan 10 putri, satu orang Pimpinan Kontingen (Pikon) putra dan satu orang Pikon Putri, satu orang Pembina Pendamping (Bindamping) Putra dan satu pula Bindamping putri, serta satu orang pimpinan rombongan.
Menurut dia, anggota Pramuka yang terdiri dari peserta didik, pimpinan kontingen, Bindamping yang berasal dari 19 kontingen Kwartir Cabang (Kwarcab) se-Sumbar. Tujuan kegiatan ini adalah dalam rangka mempersiapkan generasi muda yang kreatif dan inovatif. Dengan adanya kegiatan Pramuka tersebut, sekaligus untuk melatih mental dan jiwanya agar tumbuh berkembang menjadi berkarakter kreatif dan positif serta mempersiapkan dirinya menjadi warga maupun pemimpin yang baik kedepannya.
Dewiwarman yang juga anggota Komisi I DPRD Kabupaten Padang Pariaman dari PPP ini menjelaskan, sejumlah kegiatan yang ada dalam Pramuka ini merupakan salah satu modal bagi para generasi muda, sehingga potensi dan bakat yang mereka miliki dalam dunia kepramukaan nantinya menjadi modal utama untuk amal bakti kepada masyarakat.
"Setelah mereka keluar atau lulus dari aktivitas belajar dan mengajar di sekolah, maka potensi yang telah dimiliki dalam kepramukaan dapat diaplikasikan di tengah-tengah masyarakat," katanya.
Siswa-siswi yang mengikuti kegiatan Raida VI ini tidak terbatas umur maupun tingkatan kelasnya. Anggota Pramuka yang ada saat ini adalah siswa-siswi yang kreatif dan tangkas. Pramuka adalah tempat untuk menciptakan para generasi muda menjadi warga negara yang bermoral tinggi, sehat mental fisiknya dan mengabdikan dirinya bagi masyarakat, bangsa dan negara.
Dia melihat, Raida VI adalah kegiatan yang menarik dan mengandung pendidikan bagi anak-anak, remaja dan pemuda. Selain itu, Pramuka merupakan alat bagi masyarakat, negara atau organisasi untuk mencapai tujuannya. "Gerakan Kepramukaan sebagai organisasi pendidikan, tidak harus menjadi bagian atau mewakili partai politik, organisasi apapun. Namun, para Pramuka didorong untuk memberikan pengabdian yang konstruktif kepada masyarakat, bangsa dan negara," ujarnya. (501)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar