Kamis, 18 Oktober 2018

Biro HDI Kemenag RI Adakan Sosialisasi dan Bimtek e-Data

Padang--Target dari soialiasi e-Data dan Bimtek agar pengelola data di Kanwil dan Kankemenag kabupaten/kota bisa langsung mengoperasionalkan aplikasi e-Data untuk kepentingan data yang bersifat praktis.
Hal tersebut dikatakan Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi (HDI) Kementerian Agama RI, Mastuki ketika membuka secara resmi Sosialisasi dan Bimbingan Teknis (Bimtek) e-Data di wilayah kerja Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sumatera Barat, Rabu (17/10) di Hotel Mercure, Padang.
Menurut Mastuki, data di Biro HDI yang seharusnya menjadi data otoritatif Kemenag masih memiliki kelemahan dan kekurangan. Diantaranya, data tidak lengkap, belum valid dan masih tercampur serta belum bisa dipublikasikan karena ada yang belum tersedia. Data yang ada saat ini merupakan kumpulan dari banyak sistim yang sudah berjalan dan sudah eksis di unit yang ada di eselon I seperti Ditjen Bimas Islam, Ditjen PHU maupun Pendis dan Sekjen.
"Karena data berada pada sistim yang berbeda-beda, hal ini menjadi kendala untuk bisa mengoptimalkan penggunaan data tersebut untuk masuk ke dalam satu pusat data yang langsung terintegrasi pada sistim data yang bisa dijadikan rujukan dan otoritatif data Kemenag,” ungkap Mastuki.
Dalam diskusi dengan salah seorang peserta tentang aplikasi atau rumah gadang data, Kabiro HDI mengakui, e-Data bukanlah rumah gadang data tetapi salahsatu aplikasi yang dikembangkan untuk melengkapi aplikasi yang lain. "e-Data dikembangkan untuk emengisi ruang kosong dari data-data yang belum ada melalui Emis, Siskohat dan lain-lain," tutupnya.
Soialiasi e-Data dan Bimtek tersebut dilaksanakan selama tiga hari sejak Rabu (17/10) kemarin sampai Jumat (19/10) dengan tema "Kita Wujudkan Satu Data Secara Akurat, Cepat dan Valid dengan E-Data" dengan menghadirkan 30 orang Pengelola Data Kemenag kabupaten/kota dan Kanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat.
Sebelumnya, Kepala Bagian Data Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi Sekjen Kemenag RI, H. Afrizal dalam pemyampaian materinya mengatakan, tiada suatu pekerjaan yang bisa dilaksanakan tanpa data. "Apabila anda menguasai data anda akan menguasai dunia. Tidak ada satu pekerjaan pun tanpa data," ungkapnya.
Menurut H. Afrizal, tujuan e-Data ini menciptakan data yang siap pakai, dapat disajikan setiap saat dan mudah diakses. Melalui satu data Kementerian Agama yang tersedia dalam format terbuka, mudah digunakan kembali dengan tujuan meningkatkan transparansi dan akuntabilitas. (501)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar