Senin, 22 Oktober 2018

Lewat Dana Desa Pemnag III Koto Aua Malintang Bangun Lima Titik Jalan Baru

Aua Malintang--Lewat anggaran dana desa tahun ini, Pemerintahan Nagari (Pemnag) III Koto Aua Malintang, Kabupaten Padang Pariaman membangun lima titik jalan baru rabat beton. Kelima titik pembangunan itu baru saja selesai tepat pada waktunya.
Walinagari III Koto Aua Malintang, H. Azwar Mardin kepada Singgalang menyebutkan, kelima titik jalan itu, adalah dari Padang Sibalusuih ke Rimbo Pajang dalam Korong Baringin, panjangnya 2.000 meter dengan alokasi anggaran mencapai Rp117 juta. Juga di Korong Baringin, yaitu jalan dari Pasa Lamo ke Baringin yang panjangnya mencapai 1.700 meter dengan anggaran Rp117 juta.
"Jalan Koto Bimo ke Gantiang yang panjangnya mencapai 1.600 meter dengan dana juga Rp117 juta," kata Azwar Mardin. Selanjutnya, kata dia, pembuatan jalan Labuah Baru ke Pincuran Tujuah dalam Korong Kampuang Padang, yang panjangnya mencapai 761 meter dengan dana Rp117 juta.
Menurutnya, jalan rabat beton dari Lapau Timbun ke Bukik Caliak yang panjangnya 550 meter, itu anggarannya mencapai Rp119 juta. "Yang juga dilakukan pembangunan lewat dana desa tahun ini, adalah pembangunan gerbang masuk pasar Rp51 juta dan pembuatan lapangan sepakbola senilai Rp61 juta," ujarnya.
Dia melihat, pembangunan jalan demikian sesuai keinginan masyarakat di korong terkait, yang diputuskan dalam rembuk nagari. "Diharapkan jalan ini mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Hasil pertanian masyarakat akan dengan mudahnya diangkut dalam ladang ke pasar," ungkapnya.
Bagi Azwar Mardin, keberadaan pasarnagari, yakni Pasa Batubasa adalah aset Nagari III Koto Aua Malintang. Sepenuhnya dikelola oleh nagari. "Alhamdulillah, pengelolaan pasar ini dapat prestasi tingkat Sumbar beberapa wajtu lalu," katanya.
"Cikal-bakal pasar ini berdiri, diawali dengan proyek Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) di era Presiden SBY, yang dikelola langsung oleh nagari. Untuk ini, peningkatan pembangunannya amat diperlukan, agar pasar yang ramai tiap Rabu ini mampu berkembang seperti pasar nagari lainnya di Padang Pariaman," ungkapnya. (501)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar