Minggu, 30 September 2018

Pembina Peternakan Terbaik, Bupati Ali Mukhni Raih Upsus Siwab Award

Padang Pariaman--Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnak Keswan) Kabupaten Padang Pariaman telah selesai mengikuti acara Livestock Expo tingkat Provinsi Sumatera Barat di Kabupaten Pesisir Selatan, 26 – 29 September. Banyak prestasi yang mereka raih pada ajang tahunan ini.
Kepala Disnak Keswan Kabupaten Padang Pariaman Bustanil Arifin didampingi Kepala Bidang Perbibitan dan Produksi Zulkhailisman mengemukakan hal itu, Minggu (30/9). Menurutnya, Livestock Expo 2018 merupakan kontes ternak tingkat provinsi yang bertujuan untuk mewujudkan Sumatera Barat sebagai wilayah sumber bibit. Di samping itu, Livestock Expo juga bertujuan untuk meningkatkan produktivitas peternakan sebagai bahan pangan.
Livestock Expo kali ini dilaksanakan selama empat hari. Peserta kontes ternak adalah kabupaten / kota se-Sumbar dengan menampilkan ternak-ternak terbaik hasil binaan masing-masing. Selain itu, juga dilakukan berbagai macam perlombaan antar petugas serta pemberian penghargaan kepada pemerintah kabupaten / kota sebagai penyelenggara dan pembina terbaik dalam pelaksanaan program Upsus Siwab (Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting).
Sebagai satu dari 19 kabupaten / kota peserta Livestock Expo 2018, lanjut Bustanil, berkat kerja keras semua pihak, Kabupaten Padang Pariaman mampu memperoleh berbagai prestasi. Di antaranya Siwab Award yang merupakan penghargaan tertinggi atas pelaksanaan program Upsus Siwab dengan prestasi tertinggi selama satu tahun berjalan dengan capaian 120 % untuk tingkat kelahiran, 138 % untuk pelaksanaan pemeriksaan kebuntingan dan 128 % untuk pelaksanaan IB (Kawin Suntik) dari target yang sudah ditetaplan.
Dalam hal ini, Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni meraih prediket sebagai pembina Upsus Siwab terbaik. “Berkat pembinaan intensif yang dilakukan Pak Bupati kepada kami, Disnak Keswan Padang Pariaman beserta jajaran mampu melaksanakan program Upsus Siwab sehingga kita dapat meraih Siwab Award sebagai penghargaan tertinggi. Maka Bupati Padang Pariaman dinobatkan sebagai Pembina Siwab Terbaik,” ujar Bustanil.
Penghargaan tertinggi itu didukung oleh banyak prestasi, seperti Inseminator terbaik satu. Pelaksanaan inseminasi terbaik didapat oleh Petugas Inseminasi Buatan (IB) atas nama Doni Mahgusnar setelah dilakukan penilaian kepada seluruh inseminator terbaik 19 kabupaten / kota se-Sumatera Barat. Doni bertugas di Kecamatan Sintuak Toboh Gadang (Sintoga).
Selanjutnya, Pelaksana Pemeriksaan Kebuntingan (PPK) terbaik 1 tingkat provinsi Sumbar oleh PPK Padang Pariaman atas nama Edi Sutiyono yang bertugas di Kecamatan V Koto Timur. Berikutnya Asisten Teknisi Reproduksi (ATR) terbaik satu tingkat Sumbar diraih Yufrizal yang bertugas di Kecamatan Padang Sago atas usahanya dalam mewujudkan kesehatan reproduksi ternak.
Kemudian Artikel terbaik satu terkait Program Upsus Siwab diraih oleh Panji Frianda, staf Disnak Keswan Padang Pariaman – berjudul Upsus Siwab sebagai Upaya Strategis dalam Mendukung Investasi Bidang Peternakan di Sumatera Barat. Kepada para petugas terbaik, panitia memberikan piala, piagam dan sejumlah uang yang ditransfer ke rekening masing-masing.
Penilaian terhadap kegiatan tersebut dilakukan oleh tim penilai provinsi sebelum pelaksanaan Livestock Expo 2018. Sedangkan selama kegiatan berlangsung, panitia juga melaksanakan sejumlah perlombaan. Dalam perlombaan ini, tim Kabupaten Padang Pariaman pun meraih banyak prestasi. Antara lain juara pertama lomba kukur kelapa, juara dua asah terampil, juara dua kontes kerbau betina, harapan dua kontes sapi PO betina, harapan tiga kontes sapi Bali betina serta harapan dua lomba nyanyi Solo dan Duet. (501)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar