Sabtu, 01 September 2018

Jelajah Nusantara I Dapat Sambutan Aksi Menantang Kwarcab Pramuka Padang Pariaman Jalan Kaki ke Medan

Padang Pariaman--Kedatangan peserta Jelajah Nusantara I 2018 Kwartir Cabang 0305 Gerakan Pramuka Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat dalam bentuk long march dan jalan kaki dari Padang Pariaman ke Kota Medan, Sumatera Utara selalu mendapat sambutan hangat dari aparatur dan pemerintah setempat di setiap tempat yang disinggahi.
Menurut Dewiwarman, Ketua Harian Kwartir Cabang 0305 Gerakan Pramuka Kabupaten Padang Pariaman yang memimpin lansung kegiatan Jelajah Nusantara I, Jelajah Nusantara merupakan agenda kegiatan Kwarcab yang direkomendasikan oleh Rapat Kerja Cabang (Rakercab) April lalu. Kegiatan ini dilakukan dalam bentuk jalan kaki dari Sungai Limau, Padang Pariaman menuju Kota Medan.
"Peserta Jelajah Nusantara dilepas secara resmi oleh Wakil Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur Datuak Putiah selesai upacara peringatan HUT RI 17 Agustus lalu", tutur Dewiwarman. Sementara kegiatan jalan kaki dimulai 18 Agustus. Start dari Sungai Limau. Malam pertama menginap di Tiku, Kabupaten Agam.
Berlanjut ke Bawan Kabupaten Agam. Selanjutnya Simpang Empat, Air Bangis dan Air Balam, Kabupaten Pasaman Barat. Terus melanjutkan perjalanan ke Kecamatan Batang Natal, Jembatan Merah, Panyabungan dan Siabu, Kabupaten Mandahiling Natal, Kota Padang Sidempuan, Sipirok, Balige, Tarutung, Parapat, Pematang Siantar, Tebing Tinggi, Deli Serdang dan finish di Lapangan Merdeka Kota Medan, Sumatera Utara, Jumat (31/8).
Menurut Dewiwarman yang juga anggota Komisi I DPRD Padang Pariaman ini, kegiatan Jelajah Nusantara ini diikuti 29 peserta yang dia pimpin lansung. Sedangkan peserta lainnya terdiri dari pengurus dan andalan cabang, yaitu Rendra Mahesa Kibsky, sebagai Wakil Ketua Kontingen, Serda Suardi K, dari Saka Wira Kartika Kodim 0308/Pariaman sebagai pembina pendamping putera, Mawarni, sebagai pembina pendamping puteri. Anggota DKC Padang Pariaman lima orang, yaitu Andre Rahmat PP, Ade Syuriani, Annisa Ummi Khairi, Doni Prima Wendi, Nico Perdian Saputra dan 14 Pramuka Penegak dari Dewan Kerja Ranting dan Gugus Depan SMA, SMK dan MA se-Kabupaten Padang Pariaman.
Kata Dewiwarman, Jelajah Nusantara merupakan kegiatan baru yang dilaksanakan Kwartir Cabang 0305 Gerakan Pramuka Padang Pariaman di tahun 2018 ini. "Insha Allah kalau didukung oleh Pengurus Kwarcab dan direkomendasikan forum Rapat Kerja Cabang, kegiatan ini kita laksanakan lagi tahun 2020 mendatang," tuturnya.
Jalan kaki dalam jelajah nusantara ini mendapat sambutan hangat dari berbagai pihak, terutama pihak yang disinggahi. "Terbukti pimpinan instansi yang kami singgahi baik pengurus mesjid, walinagari, Koramil, Polsek dan Camat maupun Kwartir Cabang Gerakan Pramuka menawarkan dan menyediakan tempat untuk istirahat dan tidur peserta," ungkapnya.
"Ini belum lagi sambutan hangat masyarakat yang kami jumpai sepanjang perjalanan. Ada yang memberikan makanan dan minuman ringan dan ada juga yang memberikan uang. Pokoknya asyik bana," ujar Dewiwarman, anggota Komisi I DPRD Padang Pariaman dari Partai PPP itu. Sedangkan jalan kaki setiap harinya, kata Dwi, dimulai pukul 08.00 WIB pagi dan berakhir pukul 05.00 WIB sore, dengan jarak tempuh rata-rata 60 kilometer per harinya. (501)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar