Sabtu, 01 September 2018

Di III Koto Aua Malintang Selatan Goro Aparat Nagari Sekali Seminggu Labuah Sampik tak Lagi Sepi dan Rimba

Aua Malintang--Jajaran Pemerintahan Nagari III Koto Aua Malintang Selatan, Kecamatan IV Koto Aua Malintang, Padang Pariaman aktif melakukan gotong royong (goro) tiap Rabu. Itu dilakukan, sekaitan banyaknya fasilitas dan sarana umum yang mesti diperbaiki secara bersama. Langsung dikomandoi Walinagari Edi Kusasih.
Rabu lalu, goro yang juga diikuti Bhabinkamtibmas, serta walikorong itu membersihkan jalur jalan Labuah Sampik. Jalur Aua Malintang - Lubuk Basung, Kabupaten Agam itu sudah lama tak dibersihkan, sehingga terlihat merimba. "Alhamdulillah, berkat kerjasama seluruh aparatur nagari, Labuah Sampik yang rimba, sudah bersih," kata Walinagari III Koto Aua Malintang Selatan Edi Kusasih.
Edi Kusasih bersama Sekretarisnya, Armontoni menyebutkan, Labuah Sampik di Aur Malintang sangat terkenal sampai ke mana-mana. Walau sepi dan lengang, dengan goro rutin ini masyarakat yang melewati jalur ini dari dan ke Lubuk Basung sudah aman. "Tentu hal ini bagian dari aksis sosial kemasyarakatan yang harus terus dilakukan di tengah masyarakat," ungkapnya.
Armontoni menambahkan, kegiatan goro sekali seminggu ini telah berlangsung sejak nagari ini dipimpin Walinagari Edi Kusasih. Hanya saja, kegiatannya belum melibatkan masyarakat. Sekarang baru sebagai aksi dari seluruh aparat nagari serta kadang-kadang juga diikuti Bhabin, dan sebagian tokoh masyarakat.
"Di samping membersihkan sarana umum, goro juga sekalian menjalin silaturrahim serta membahas berbagai persoalan yang sedang terjadi di tengah masyarakat secara non formal," ujar Armontoni.
Insya Allah, kata dia lagi, di masa yang akan datang goro ini akan melibatkan masyarakat dan anak nagari. Sebab, kegiatan ini selalu dipergilirkan di seluruh korong yang ada di III Koto Aua Malintang Selatan. Dengan ini pula, rasanya tidak ada pekerjaan yang berat. Semua bisa diatasi dengan kebersamaan. (501)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar