Sabtu, 25 Maret 2017

Generasi Muda Harus Jadi Garda Depan Membela Pancasila

Generasi Muda Harus Jadi Garda Depan Membela Pancasila

Padang Pariaman--Wakil Bupati Padang Pariaman, Suhatri Bur menghimbau, agar generasi muda memiliki semangat membela bangsa dan negara. Nilai-nilai luhur budaya bangsa yang telah diwarikan tetap terjaga. Dengan belanegara, generasi muda akan memiliki semangat mengamalkan pancasila sebagai ideologi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
    "Sebagai generasi muda harus siap membela bangsa dan negara. Untuk pemuda kita, tentunya sudah harus siap pula memajukan dan membela Kabupaten Padang Pariaman, sehingga nilai budaya leluhur kita tetap terjaga," ujar Suhatri Bur saat menjadi narasumber kegiatan peningkatan kesadaran masyarakat akan nilai-nilai luhur budaya bangsa, bagi generasi muda, di Hall Saiyo Sakato, Senin lalu.
    Dalam acara yang diselenggarakan Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Padang Pariaman itu, Suhatri Bur menunjukkan kepada pemuda cara sederhana, bersemangat memajukan daerah, yakni dengan disiplin dalam dirinya.
    Suhatri Bur mengatakan, mempertahankan NKRI dari segala bentuk ancaman, para pemuda harus memiliki pemahaman yang baik tetang empat pilar kebangsaan. "Sekarang kita dalam kondisi krisis kepercayaan. Oleh sebab itu, masing-masing kita perlu merenung apa yang terjadi. Perlu merevitalisasi, menginternalisasi, dan mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam jati diri,” ujarnya.
    Dia mencontohkan, salah satu pengaruh bagi pemuda zaman sekarang, banyaknya muncul isu yang mengakibatkan pecah-belah kesatuan para generasi muda. Untuk itu, kesadaran kolektif sangat diperlukan untuk menghadapi situasi tersebut. Intinya kesadaran nilai-nilai baginya harus melihat pada dasar negara (Pancasila).
    Untuk mewujudkan sikap semangat membela negara, lanjutnya, harus memulai dari bawah. Dari korong, nagari, hingga kecamatan. Tanamkan sikap tidak gampang dihasut. Sehingga hubungan antara dunsanak, tidak dapat dipecahkan oleh para penghasut.
    Kasi Kesbang Kantor Kesbangpol Padang Pariaman, Ardi Thaib mengatakan, kegiatan yang diselenggarakan pihaknya sangat penting bagi generasi muda. Sebab melalui kegiatan itu, pemuda dapat menjadi lebih kompak.
    "Maksud dan tujuan kegiatan ini, meningkatkan dan menggugah kembali rasa nasionalisme pemuda. Selain itu, membangkitkan rasa persatuan dan kesatuan berbangsa serta bernegara. Jika rasa kebersamaan para generasi bangsa terpupuk, mereka tentunya akan sangat cinta dan menjaga kesatuan,” ujarnya. (501)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar