Kamis, 25 Juli 2019

Jalan Lingkungan Selesai Masyarakat Kampuang Alai tak Lagi Melewati Pematang Sawah

Lubuk Alung--Sebanyak Rp108 juta lebih anggaran dana desa Nagari Salibutan Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman di salurkan untuk pembangunan jalan lingkungan di Korong Kampuang Alai. Pembuatan jalan rabat beton sepanjang 81 meter itu selesai hari ini, Jumat (27/7). Dikerjakan langsung oleh Tim Pengelola Kegiatan (TPK) nagari setempat.
Walinagari Salibutan Lubuk Alung Jahidir menyebutkan, pembangunan jalan rabat beton ini sesuai keinginan masyarakat Kampuang Alai yang selama ini hanya menggunakan pematang sawah untuk ke rumahnya dari jalan lintas Salibutan - Pasie Laweh. "Alhamdulillah, berkat kerjasama yang baik, kendaraan masyarakat sudah bisa langsung ke rumahnya," kata Jahidir.
"Anggaran pembangunan ini berasal dari dana desa tahun ini, yang dikerjakan langsung oleh anak Nagari Salibutan Lubuk Alung," ungkapnya.
Yang namanya jalan lingkungan, kata Jahidir, ya jalan itu tidak menghubungkan korong yang satu dengan korong lainnya. Hanya di Korong Kampuang Alai saja. Sebagian besar rumah masyarakat berada di munggu sawah, yang kalau ke rumah dan keluar dari rumah harus melewati pematang sawah.
Bila musim hujan lebat, lanjut Jahidir, air dari irigasi melipah dan menggenangi pematang sawah demikian, dan tentunya susah untuk dilewati. "Ada puluhan rumah masyarakat di bagian munggu itu yang harus kita berdayakan. Salah satunya yang paling krusial adalah pembuatan jalan rabat beton ini," ulas dia.
Menurut Jahidir, pembuatan jalan rabat beton lingkungan ini merupakan perdananya kegiatan yang dikelola nagari selesainya. Dan masih banyak lagi kegiatan lainnya yang sedang dan akan berjalan di Salibutan. Bersama Bamus Nagari Salibutan, Jahidir memastikan pengerjaan jalan itu sesuai petunjuk tekhnisnya.
"Dari awal pengerjaan, kita memang telah minta TPK untuk melakukan pekerjaannya sesuai petunjuk. Jangan sampai ada pengurangan volume. Sebab, pembangunan ini dari, oleh dan untuk kita semua," kata Jahidir. (501)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar