Senin, 10 Desember 2018

Melalui Sosialisasi Pertimbangkan Pemetaan Mutu Madrasah

Padang Pariaman--Dalam rangka memberikan acuan dan pedoman yang jelas tentang pelaksanaan UAMBN, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Padang Pariaman menggelar sosialisasi Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) Pendidikan Agaman Islam (PAI) dan Bahasa Arab Tahun Pelajaran 2018/2019.
    Kegiatan tersebut berlangsung, Kamis lalu di Aula FKUB Kabupaten Padang Pariaman, Kiambang, Nagari Lubuk Pandan, Kecamatan 2X11 Enam Lingkung yang dibuka secara resmi Kepala Kantor Kemenag, Dr. H. Helmi, dengan tema "Dengan Sosialisasi UAMBN Pendidikan Agaman Islam dan Bahasa Arab, Kita Wujudkan Madrasah Hebat dan Bermartabat".
    Sosialisasi diiuti oleh 50 orang peserta yang terdiri dari Guru PAI, Aqidah Akhlak, Alquran Hadits, SKI, Fiqih dan Bahasa Arab dengan dua orang narasumber; H. Helmi, dan Suhendrizal. "Tujuan kegiatan ini agar pelaksanaan ujian akhir madrasah terlaksana dengan baik, untuk itu, kita memberikan acuan dan pedoman yang jelas tentang pelaksanaan UAMBN bagi guru madrasah," kata Helmi.
    Menurut Helmi, UAMBN adalah kegiatan pengukuran dan penilaian pencapaian standar kompetensi lulusan secara nasional meliputi mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab yang bertujuan mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik pada akhir jenjang pada satuan pendidikan, sesuai dengan standar kompetensi lulusan yang ditetapkan.
    "UAMBN berfungsi sebagai bahan pertimbangan dalam penentuan pemetaan mutu madrasah, umpan balik dalam perbaikan program pembelajaran pada MTs dan MA dan alat pengendali mutu pendidikan serta pendorong peningkatan mutu pendidikan pada MTs dan MA," paparnya.
    Pembukaan sosialisasi tersebut juga dihadiri Kasubbag TU Kankemenag Kabupaten Padang Pariaman, Syafrizal, S.Ag, Tk. Sidi Sati, Kasi Bimas Islam yang juga Plt Kasi Penmad, Suhendrizal. (501)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar