Senin, 10 Desember 2018

Banjir Bandang Kepung Padang Pariaman Jembatan Lubuak Napa tak Bisa Dilewati

Padang Pariaman--Selain jembatan Pasa Usang, Nagari Kayutanam ambruk yang menyebabkan putusnya jalur nasional Padang - Bukittinggi, hujan lebat Senin (10/12) sore itu juga menyebabkan banjir bandang di Korong Lubuak Napa, Nagari Batukalang, Kecamatan Padang Sago.
    Banjir bandang menyebabkan runtuhnya jembatan Lubuak Napa, sehingga arus lalu lintas dari Kecamatan Padang Sago ke Kecamatan Patamuan lumpuh total dan tidak bisa di lalui kendaraan bermotor. Kerugian belum bisa diperkirakan. Korban jiwa nihil.
    Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Padang Pariaman Budi Mulya, kronologisnya curah hujan yang cukup tinggi menyebabkan meluapnya debit air Sungai Batang Mangoi. "Kita telah sebarkan informasi, bahwa jembatan yang terletak dekat SMAN 1 Padang Sago itu tak lagi bisa dilewati," sebutnya.
    Kemudian, kata Budi, banjir bandang juga terjadi di Korong Pasa Sicincin menyebabkan terendamnya 10 unit rumah warga dengan ketinggian mencapai 100 centi meter, dan menghanyutkan sebuah sepeda motor. Warga diungsikan ke tempat yang lebih aman.
    Sementara, kata Budi, banjir bandang juga melanda Korong Toboh Sikumbang, Nagari Balah Aie, Kecamatan VII Koto Sungai Sariak. Di nagari ini banjir merendamnya 13 unit rumah, dua unit surau dan merendam delapan hektar sawah. Ketinggian air antara 100 cm – 150 cm. Warga di ungsikan ke tempat yang lebih aman. Korban Jiwa nihil. Kerugian materi belum bisa diperkirakan.
    Di sebelah utara Balah Aie, tepatnya Nagari Lareh Nan Panjang Selatan banjir akibat luapan Sungai Batang Mangoi menyebakan terendamnya tujuh unit rumah dan merendam 10 hektar sawah. Ketinggian air antara 100 cm – 150 cm. Banjir bandang di Nagari Gadur pada hari yang sama menyebakan terendamnya 10 unit rumah dan lima hektar sawah.
    Kata Budi lagi, Korong Banda Gadang, Nagari Balah Aie Utara juga mengalami banjir. Enam unit rumah terendam. Bukik Tambun Tulang, Nagari Guguak, Kecamatan 2 x 11 Kayutanam longsor menimbun jalan nasional Padang – Bukittinggi. Arus lalu lintas lumpuh total.
    Kepala Balai Pelaksana Jembatan Nasional (BPJN) III Padang, Aidil Fikri, Selasa (12/12) melakukan rapat bersama Kepala BPBD Padang Pariaman Budi Mulya, dan sejumlah pihak terkait lainnya guna menindaklanjuti percepatan perbaikan jembatan dan akses masyarakat yang terputus. (501)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar