Sabtu, 15 Desember 2018

Karang Taruna Padang Pariaman Bangun Jalan Rabat Beton dan MCK

Padang Pariaman--Karang Taruna Kabupaten Padang Pariaman melaksanakan Bulan Bhakti Karang Taruna, Sabtu dan Minggu (15-16/12) di Korong Koto Padang, Nagari Sikucua Barat, Kecamatan V Koto Kampung Dalam. Kegiatan ini dianggarkan melalui dana APBD Perubahan pada Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak tahun 2018.
Kegiatan yang diikuti 150 peserta dari pengurus Karang Taruna Kabupaten dan nagari ini melaksanakan bhakti sosial berupa pembuatan jalan rabat beton sepanjang 85 meter, dan membangun MCK sebanyak empat buah yang dilaksanakan secara gotong royong bersama masyarakat di nagari tersebut. Pencanangan Bulan Bhakti Karang Taruna dibuka secara resmi Bupati Padang Pariaman, Ali Mukhni, dihadiri Sekretaris Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat, Ramawi, Kepala Dinas Sosial P3A Padang Pariaman, Arman dan Camat serta walinagari se-Kecamatan V Koto Kampung Dalam.  Ketua Pelaksana kegiatan, Syamsul Bahri menyampaikan, kegiatan ini perdana dilaksanakan di Padang Pariaman dan berharap untuk seluruh peserta dapat bersama-sama dengan warga setempat melaksanakan bhakti sosial tersebut dengan aman, lancar dan baik. "Peserta bhakti sosial diberikan bimbingan teknis oleh pengurus Karang Taruna Kabupaten Padang Pariaman agar lebih aktif dan mempunyai peran yang penting dalam membangun nageri," sebutnya. 
Ketua Karang Taruna Kabupaten Padang Pariaman, Azmar Risal Chan menyampaikan ucapan terima kasih yang tak terhingga kepada pihak nagari dan Warga Sikucua Barat, khususnya Korong Koto Padang yang telah menyediakan tempat, tenaga dan pikiran dalam pelaksanaan kegiatan ini. Selain itu, dia meminta agar setiap nagari menyediakan dana untuk kegiatan Karang Taruna melalui dana nagari, dan ini sudah diatur dalam Permensos yang berguna untuk kegiatan Karang Taruna Nagari.
"selama ini keberadaan Karang Taruna kurang diperhatikan di nagari," ujar dia. Bagaimana pihaknya akan berbuat untuk pengabdian sosial  masyarakat jika tidak didukung dengan anggaran dari nagari sendiri.

Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni menilai kegiatan serupa ini seharusnya menjadi titik awal kebangkitan generasi muda dalam membangun nageri. Dia akan menambah anggaran untuk kegiatan ini pada tahun 2019 nanti.
Pencanangan Bulan Bhakti ditandai dengan pemukulan gandang tambua oleh Bupati Ali Mukhni beserta Sekretaris Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat. Dalam pembukaan juga diserahkan penghargaan kepada Dewiwarman, selaku kader Karang Taruna terbaik. Dewiwarman yang juga anggota DPRD Kabupaten Padang Pariaman ini selalu memperhatikan dan  mengupayakan agar kegiatan Karang Taruna terus berjalan dengan baik. 
Selain itu, pada kesempatan tersebut diserahkan juga santunan yang diberikan oleh ketua Karang Taruna kabupaten kepada dua orang anak yatim dengan jumlah bantuan sebesar Rp500 ribu per orang. Ketua KNPI Padang Pariaman, M. Ikhbal juga menyerahkan santunan sebesar Rp750 ribu per orang untuk dua anak yatim, yakni Yola dan Habib yang sejak kecil telah ditinggal ayah dan ibunya. (501)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar