Minggu, 16 Desember 2018

Kehadiran Jalan dan Irigasi Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Lubuk Alung--Sepanjang 150 meter jalan baru di buka di Koto Buruak Mudiak, Nagari Lubuk Alung. Pembukaan jalan baru dan plat duckar yang sedang dalam pengerjaan ini dibiayai oleh Alokasi Dana Desa (ADD) sebesar Rp90 juta.
Walinagari Lubuk Alung Hilman H kepada Singgalang menyebutkan, di samping pembangunan jalan baru itu pihaknya juga mengalokasikan pembangunan irigasi di Gantiang, Koto Buruak sepanjang 105 meter. Dananya juga dari ADD sebesar Rp90 juta.
"Alhamdulillah, pembangunan irigasi ini juga disambung dengan anggaran APBD Padang Pariaman lewat Pokir anggota dewan, yang panjangnya mencapai 153 meter lagi," kata Hilman yang didampingi Tim Pengelola Kegiatan (TPK) Andri Septian.
Andri Septian menambahkan, tahap akhir ini, juga dilakukan pembangunan drainase sepanjang 147 meter di Kayu Gadang. Anggarannya juga dari ADD sebesar Rp90 juta. "Pembangunan sambungan Pamsimas ke Kantor Walinagari sepanjang 550 meter, lewat dana Rp30 juta juga menjadi agenda pembangunan fisik tahun ini di Lubuk Alung," ungkapnya.
Menurut Andri Septian, pembangunan ini juga melibatkan partisipasi masyarakat, terutama masyarakat yang lokasi pembangunan di tempat mereka tinggal. "Untuk itu, diharapkan pengerjaan ini selesai sesuai target yang telah ditetapkan," ungkapnya.
Katanya lagi, pembangunan irigasi di Gantiang merupakan kebutuhan yang amat sangat oleh masyarakat petani yang sawahnya selama ini hanya ditangani oleh air hujan. "Ada ratusan hektar sawah yang akan memanfaatkan saluran irigasi demikian. Makanya, ketika ada alokasi tambahan pembangunan dari APBD lewat tangan anggota dewan, sangat membantu penyelesaiannya secara tuntas," ulas Andri Septian.
"Jadi, pada musim tanam tahun depan masyarakat Gantiang dan sekitarnya sudah bisa menikmati aliran air irigasi," ujarnya.
Dia melihat, dengan kehadiran irigasi ini pula masa tanam masyarakat akan meningkat dari yang biasanya. "Selama ini hanya bisa dua atau sekali setahun, selesai irigasi ini sudah bisa tiga kali turun ke sawah dalam setahun. (501)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar