Senin, 31 Desember 2018

Mantapkan Keharmonisan dan Kerukunan Umat Beragama

Pariaman--Kalau dilihat secara umum kondisi kerukunan antar umat beragama di Indonesia, cukup baik dan kondusif. Namun terkadang masih muncul konflik atau ketegangan baik internal maupun antar umat beragama.
Hal tersebut diungkapkan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Padang Pariaman, Dr. H. Helmi ketika membuka secara resmi kegiatan pembinaan kerukunan umat beragama di daerah itu, Senin (31/12) di Aula Hotel Nan Tongga, Kota Pariaman. "Penyebab rusaknya kerukunan tersebut karena kurangnya pemahaman terhadap suatu agama, faktor ekonomi, politik dan sosial yang kemudian diagamakan," katanya.
Menurut Helmi, di Indonesia sudah mengenal konsep tri kerukunan umat beragama yang isinya adalah kerukunan internal umat seagama, kerukunan antar umat berbeda agama dan kerukunan antar umat beragama dengan pemerintah. Tri kerukunan umat beragama merupakan konsep yang digulirkan oleh pemerintah dalam upaya menciptakan kerukunan kehidupan masyarakat antar umat beragama.
"Kerukunan umat beragama bertujuan agar masyarakat dapat menghayati secara mendalam nilai-nilai kebersamaan, sekalipun banyak perbedaan. Konsep ini dirumuskan dengan teliti dan bijak agar tak terjadi pengekangan atau pengurangan hak-hak manusia dalam menjalankan kewajiban dari ajaran agama yang diyakini," ujarnya.
Di tempat yang sama, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Padang Pariaman, H. Taslim Mukhtar mengatakan, kegiatan pembinaan kerukunan umat beragama tersebut mengambil tema; dengan semangat kerukunan, kita perkokoh persatuan dan kesatuan dengan narasumber Perwira Penghubung Kodim 0308 Pariaman, Mayor Inf. Muslim dan Kasubbag Hukum dan KUB Kanwil Kemenag Sumbar, HM. Rifki. 
"Pembinaan ini diikuti 50 peserta yang terdiri dari pengurus FKUB, penyuluh agama ASN Kemenag," ungkap mantan Kakankemenag Padang Pariaman itu.
Ia juga mengatakan, pembinaan tersebut bertujuan agar peserta mampu meningkatkan dan menjaga kerukunan di tengah masyarakat demi terwujudnya kesatuan dan persatuan bangsa dengan saling menghormati dan saling memahami satu dengan yang lain. Dalam upaya memelihara kerukunan umat beragama di Kabupaten Padang Pariaman sangat diperlukan persamaan persepsi atau pemahaman dari seluruh komponen masyarakat.
"Dengan diadakannya kegiatan ini, peserta dapat memantapkan keharmonisan dan kerukunan setiap umat beragama. Diharapkan natinya peserta mampu membawa pencerahan dan perubahan dalam mewujudkan kerukunan umat beragama," kata Taslim. (501)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar