Rabu, 24 Mei 2017

Sippera Kabag Perencanaan Keuangan Dilaunching Sekda

Sippera Kabag Perencanaan Keuangan Dilaunching Sekda

Padang Pariaman--Sistem Informasi Perencanaan Penggangaran (Sippera) yang dirancang sebagai proyek perubahan Diklatpim tingkat III Kabag Perencanaan Keuangan (Renkeu); Armeyn Rangkuti dilaunching secara resmi oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Padang Pariaman, Jonpriadi di hall IKK, Senin (22/05) lalu.
    Sippera merupakan perangkat lunak (aplikasi) yang dikembangkan dengan tujuan untuk membantu Pemkab Padang Pariaman mewujudkan pengganggaran yang efisien, efektif, transparan dan akuntabel. Tujuan jangka panjang dapat dikembangkan dalam skala kabupaten dan di sinkronkan dengan Sistim Informasi Manajemen Keuangan Daerah (Simda) keuangan yang telah di impelentasikan sejak tahun 2008 lalu.
    Sekda Jonpriadi memberi apresiasi atas gagasan Kabag Renkeu dan mengharapkan aplikasi tersebut dapat segera dijalankan. Untuk jangka panjang aplikasi ini dapat di kebangkan dalam skala kabupaten.
    "Kita senang dan bangga dengan aplikasi ini. Namun, sangat berharap setiap aplikasi yang dibuat dan dilaunching segera diterapkan dan dilanjutkan penerapannya. Jangan hanya sebatas sekedar memenuhi tuntutan proyek perubahan dalam Diklatpim," kata Sekda mengingatkan.
    Armeyn Rangkuti didampingi TKIP Renkeu; Rescy Herrico menjelaskan latar belakang ide pembuatan aplikasi Sippera kepada Kabag Humas dan Protokol Andri Satria MAsri.
    Mantan Kabag Umum itu mengatakan, bahwa banyaknya program kegiatan di Sekretariat Daerah yang tidak sesuai dengan visi misi OPD, bahkan berdempet dengan OPD lain menjadi kekurangan dari sistem perencanaan yang masih menggunakan sistem manual. Selain itu, Kementerian Komunikasi dan Informasi juga meminta setiap daerah untuk menggunakan sistem pengangaran berbasis eletronik dan online.
    "Berangkat dari permasalahan tersebut, timbul ide bagaimana perencanaan pengganggaran yang manual tadi dapat ditinggalkan dan beralih dengan penggunaan sistem eletronik. Perencanaan pengangaran melalui teknologi informasi kami beri nama Sippera,” ujar Armeyn.
    Armeyn menjelaskan beberapa manfaat pengunaan aplikasi Sippera. Di antaranya, perencanaan pengganggaran sesuai visi misi OPD, program dan kegiatan OPD dan hasil Musrenbang, sesuai Tupoksi masing-masing bagian, efisiensi waktu penyusunan perencanaan pengganggaran dan menghemat pengeluaran operasional, serta dapat diinput di mana saja oleh operator.
    Armeyn mengharapkan aplikasi Sippera ini dapat dijalankan secara maksimal dan penggunaanya dapat ditingkatkan ke level perencanaan kabupaten. (501)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar