Minggu, 21 Mei 2017

Imapar Gelar Bakhti Sosial Masyarakat Kondisi Sosial Kemasyarakatan Memprihatinkan Pelecehan Seksual Sering Terjadi

Imapar Gelar Bakhti Sosial Masyarakat
Kondisi Sosial Kemasyarakatan Memprihatinkan Pelecehan Seksual Sering Terjadi

Lubuk Alung--Bupati Padang Pariaman diwakili Kepala Dinas PMD Erman membuka secara resmi kegiatan Bhakti Sosial Masyarakat Ikatan Mahasiswa Piaman Raya (Imapar) Cabang Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang, Sabtu (20/5) malam di Surau Balenggek, Sikabu Lubuk Alung.
    Dalam sambutan bupati yang disampaikan Erman, Pemkab sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan positif yang dilaksanakan Imapar. Menurut Erman, kegiatan ini telah membantu program pemerintah dalam membangun dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
    "Pemerintah daerah sangat terbantu dengan kegiatan seperti ini karena sedikit banyak dapat meringankan beban kerja pemerintah dalam pembangunan daerah di pelosok kampung," ujar Erman.
    Erman menilai, keterbatasan anggaran dan SDM membuat pemerintah kewalahan dalam memenuhi aspirasi masyarakat yang membutuhkan perbaikan sarana prasarana nagari. Di saat yang lain, kata mantan Camat Batang Anai ini, pemerintah sedang berupaya menuntaskan kode pemerintahan nagari yang baru dimekarkan sebanyak 43.
    "Dengan tuntutan dan aspirasi yang begitu banyak membuat pemerintah bekerja keras untuk menyelesaikannya. Ini terkait dengan pesan Bupati Ali Mukhni yang meminta pejabat menjadi pelayan bukan pejabat yang minta dilayani," jelasnya lagi.
    Terkait dengan masalah sosial kemasyarakatan seperti penampilan orgen tunggal yang masih melanggar aturan Perbup, Erman menjelaskan bahwa diperlukan kerjasama yang baik antara pemerintah kabupaten dengan kecamatan dan nagari, terlebih lagi tokoh masyarakat, pemuda dan bundo kanduang.
    Sementara itu Pembina Imapar Kota Padang Roby Hadi Putra menyampaikan keberadaan organisasinya adalah sebagai kontrol sosial kepada pemerintah daerah. Imapar juga ikut berkontribusi membangun daerah.
    "Lubuk Alung adalah daerah yang sedang berkembang menuju daerah maju perlu mendapat perhatian yang lebih baik dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat," harap Roby.
    Roby mengatakan, kondisi sosial kemasyarakatan di Lubuk Alung sangat memprihatinkan. Sering terjadi pelecehan seksual terhadap usia muda. Untuk itu Roby berharap perhatian pemerintah mengantisipasi atau mencarikan solusinya.
    Ketua Panitia Syahrul Mubarak dan Ketua Cabang Imapar UIN Padang, Jamal Mirdad menjelaskan, kegiatan bhakti sosial yang mereka adakan adalah dalam rangka melaksanakan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pengabdian pada masyarakat. Kemudian Melaksanakan program kerja organisasi.
    "Kegiatan ini diikuti 50 orang anggota Imapar UIN IB Padang," lapor Syahrul Mubarak. Kegiatan yang akan dilakukan, adalah sosialisasi ke masyarakat tentang berbagai hal yang dibutuhkan, gotong royong, didikan Subuh, tabligh akbar. (501)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar