Kamis, 11 Mei 2017

John Kenedy Azis Siap Perjuangkan Sulitnya Mengurus SIPI Nelayan Aie Bangis Mulai Menahan tak Makan

John Kenedy Azis Siap Perjuangkan
Sulitnya Mengurus SIPI Nelayan Aie Bangis Mulai Menahan tak Makan

Pasbar--Nelayan Aie Bangis, Kabupaten Pasaman Barat merasa terancam tak lagi bisa melakukan aktivitasnya mencari ikan di laut, sebagai penghidupannya sehari-hari, karena tidak keluarnya Surat Izin Penangkap Ikan (SIPI) dari pemerintah setempat.
    Aidil Fitra, salah seorang nelayan di Aie Bangis menyebutkan, bahwa kesulitan untuk mendapatkan SIPI itu telah lama dikeluhkan, dan hingga saat ini belum ada jalan keluarnya. Bahkan, seorang di antara nelayan daerah itu telah ditangkap di Perairan Pulau Nias Selatan, akibat tak punya hal demikian.   
    "Semua masyarakat Aie Bangis mengandalkan mata pencariannya sebagai nelayan, yang hidupnya nasib-nasiban," kata dia di hadapan anggota DPR RI, John Kenedy Azis, Jumat pekan lalu. Katanya, kalau cuaca sedang bagus ikan bisa banyak dapatnya. Tetapi kalau cuaca sedang buruk ikan susah dapatnya. Ikan kalau banyak dapatnya, nelayan bisa tersenyum. Sebaliknya, terpaksa menahan makan.
    Menurutnya, dengan kondisi tak punya izin, agaknya nelayan sudah mulai menahan makan. Dia menjelaskan, yang menjadi permasalahan bagi nelayan di Aie Bangis ini tidak ada kejelasan tentang SIPI yang diurus. Dengan SIPI, nelayan bisa leluasa mencari ikan. "Sudah lama kami mengurus SIPI, tapi sampai sekarang belum ada kejelasan dari pihak terkait," katanya.
    Untuk itu, dia bersama nelayan lainnya mengadukan nasibnya kepada John Kenedy Azis agar bisa memberikan solusi terhadap masalah tersebut. Kemudian, yang jadi kendala oleh nelayan, sulitnya mendapatkan es batang. "Untuk satu hari, nelayan membutuhkan 1.000 batang es. Sementara yang tersedia di sini hanya 200 batang. Dengan demikian, terpaksa kami mencari es batang keluar dengan harga yang lebih tinggi sampai di lokasi ini," terangnya.
    Kepada John Kenedy Azis, dia berharap agar bisa memberikan yang terbaik untuk para nelayan Aie Bangis. Kalau bisa memberikan bantuan untuk membangun pabrik di daerah ini.
    John Kenedy Azis merasa terharu dan sedih mendengar penderitaan yang dialami para nelayan itu. "Nelayan juga butuh biaya untuk kehidupan keluarganya. Perjuangan seorang nelayan untuk bisa leluasa menangkap ikan secara resmi tidak ada perhatian dari pemerintah," kata dia.
    "Saya berusaha mengatasi masalah yang dihadapi nelayan Aie Bangis ini. Saya koordinasikan hal ini dengan teman anggota DPRD Sumatera Barat dan Pasaman Barat," ujar John Kenedy Azis yang politikus Partai Golkar itu. (501)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar