Senin, 25 Maret 2019

Sebagai Pusat Pemerintahan, Parit Malintang Harus Lebih Maju Rua Jalan Padang Toboh - Ilalang Gadang Bakal Diaspal Hotmix

Parit Malintang--Walinagari Parit Malintang, Kecamatan Enam Lingkung, Kabupaten Padang Pariaman, Syamsuardi menyebutkan bahwa ruas jalan Padang Toboh menuju Ilalang Gadang dalam nagari itu bakal diaspal hotmix. Dengan ini, tentu sebuah kesempatan oleh pemerintah untuk memajukan masyarakat.
"Jalan ini tepat berada di depan Kantor Bupati Padang Pariaman. Dan Bupati Ali Mukhni telah melihat langsung. Rencana, tahun ini akan diaspal kasar untuk satu kilometer. Baru tahun depan dilanjutkan dengan hotmix," kata Syamsuardi, Minggu kemarin.
Di samping itu, katanya lagi, keberadaan jalan demikian juga menyambungkan jalur ke jalan lingkar Duku - Sicincin. "Padang Toboh merupakan korong terujung di Parit Malintang, setelahnya Ilalang Gadang yang berbatasan dengan Anduriang, Kecamatan 2x11 Kayutanam, dan Pasie Laweh Lubuk Alung. Dengan adanya rencana aspal itu, jelas akan membuka akses lebih luas lagi bagi masyarakat kedua korong demikian," sebutnya.
Menyambut langkat rencana pengaspalan oleh Pemkab Padang Pariaman itu, pihak Pemerintahan Nagari Parit Malintang langsung pula tancap gas, menyambut baik dengan melakukan berbagai pembenahan.
"Sekaitan ini jalan tanah yang dibuka beberapa waktu lalu, dan banyak ditumbuhi rerumputan, maka kita membersihkannya. Ada dengan menggelar gotong royong, ada pula pembenahan yang langsung menggunakan alat berat," katanya.
Bahkan, katanya lagi, ada yang harus dilakukan dengan membuat rabat beton. Sebab, yang namanya jalan tanah saat musim hujan seperti sekarang ini sangat rentan terhadap longsor, yang akan menyulitkan para pengguna jalan, terutama oleh masyarakat Padang Taoboh dan Ilalang Gadang itu sendiri.
Menurut Syamsuardi, Walinagari Parit Malintang dua peride ini menilai, semua korong yang ada di nagari ini harus maju dan berkembang. Tidak ada lagi kampung yang tersuruk dan tertinggal disebabkan ketidakadaan akses jalan yang beraspal. 
"Parit Malintang adalah Ibukota Kabupaten Padang Pariaman. Tentu harus lebih dulu majunya. Sebab, bila orang luar melihat daerah ini, pertama kali yang didatanginya adalah Parit Malintang, lantaran pusat pemerintahan adanya di sini," ulas dia. (501)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar