Sabtu, 01 Februari 2020

Inspektorat Padang Pariaman Gelar Bimtek Probity Audit

Padang Pariaman--Tim Audit Inspektorat Kabupaten Padang Pariaman mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) probity audit atas pengadaan barang dan jasa. Bimtek dilaksanakan selama dua hari, 30-31 Januari di ruang rapat Inspektorat.
Bimtek tersebut dibuka secara resmi oleh Inspektur Hendra Aswara dan dihadiri Kabid APD Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Sumbar, Jun Suwarno sebagai narasumber.
"Dengan Bimtek hari ini paradigma kita harus berubah, tidak selalu menganggap bahwa fungsi auditor hanya sebatas pengawasan, tapi juga pendampingan," kata Hendra.
Terkait probity, Hendra menyederhanakannya dengan kejujuran, yakni audit terhadap kejujuran khususnya terkait pengadaan barang dan jasa mulai perencanaan hingga pengawasan. "Probity audit (PA) konsennya pengadaan barang dan jasa. Mari kita pastikan bahwa memenuhi persyaratan/selevel juga melalui proses yang benar, sehingga ketika diimplementasikan bukan hanya selesai saja tapi dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat," tegas pejabat eselon dua termuda di Sumbar ini.
Pada kesempatan tersebut, Hendra juga menegaskan, bahwa sesungguhnya sebagai aparat negara bukan sekadar menghabiskan anggaran tapi memastikan anggaran tersebut bermanfaat bagi masyarakat.
Sementara Kabid APD BPKP Sumbar, Jun Suwarno menyampaikan arahan dan harapan. "Dengan dilaksanakannya Bimtek probity audit pengadaan barang dan jasa di lingkungan Inspektorat ini, hendaknya dapat meningkatkan pemahaman para auditor," kata dia.
Menurutnya, probity audit pengadaan barang/jasa dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah Padang Pariaman akan berdampak pada pengambilan keputusan dalam memperbaiki perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian kegiatan pengadaan barang/jasa agar lebih efektif, efisien, terbuka dan bersaing, transparan, adil/tidak diskriminatif serta akuntabel.
"Kita apresiasi Inspektorat Padang Pariaman yang cepat tanggap dalam menyelenggaraan Bimtek PA di awal tahun," kata Jun Suwarno. (501)
--------------------------------------

IKPS Bangun Masjid Akbar Berkonsep Islamic Centre

Sungai Limau, Singgalang
Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni mengapresiasi IKPS yang telah memberikan warna tersendiri untuk daerah, dengan hadirnya masjid yang berkualitas Islamic Centre.
"Alhamdulillah, kita dari pemerintah daerah sangat bangga dan senang dengan hadirnya Masjid Islamic Centre di daerah ini," kata Ali Mukhni usai melakukan peletakan batu pertama pembangunan masjid, Rabu lalu di Sungai Sirah, Kecamatan Sungai Limau.
Menurut Ali Mukhni, terwujudnya masjid yang bernuansa islamic center itu akan dapat mencetak generasi muda yang cinta Alquran. Masjid yang akan dibangun, selain tempat ibadah juga digunakan untuk mencetak generasi muda penghafal Alquran.
"Untuk itu tujuan baik yang dilakukan IKPS ini perlu hendaknya didukung bersama-sama untuk mempercepat pembangunan masjid tersebut," ulas Bupati Ali Mukhni.
Pada kesempatan itu, keluarga besar Ali Mukhni atas nama pribadi memberikan sumbangan Rp10 juta untuk pembangunan masjid itu. Selain itu, sumbangan dari beberpa perantau dan warga setempat yang ikut berpartisipasi dalam pembangunana itu terkumpul sebesar Rp1 miliar. Ikatan Keluarga Alumni Pelajar Sungai Limau (IKPS) memulai pembangunan masjid dengan konsep islamic centre di Kecamatan Sungai Limau itu akan menelan anggaran awal Rp5 miliar.
Ketua Umum IKPS Jayanis mengatakan, pembangunan ini akan dilakukan dalam anggaran bertahap. Pembangunan masjid IKPS dengan konsep islamic centre itu sesuai dengan program kerja IKPS yang telah di rencanakan. "Total anggaran yang dialokasikan untuk pembangunan ini Rp5 miliar yang terbagi dalam beberapa tahapan tahapan. Masing-masing anggaran, tahun 2020 sebesar Rp5 miliar dan tahun berikutnya disesuaikan dengan kondisi anggaran yang ada," kata Jayanis
Menurut Jayanis, masjid yang akan dibangun dilengkapi bangunan fisik, yaitu Masjid Akbar seluas 3.000 meter persegi. Gedung serbaguna dan gedung kajian Islam. Hal ini tidak tertutup kemungkinan keluasan tanah akan bertambah, yang akan diberikan secara hibah oleh masyarakat.
“Total bangunan fisik yang dibangun seluas 300 meter persegi. Selebihnya akan digunakan untuk rest area dan sentra UKM. Kami berharap tempat ini ramai dan memberikan manfaat ekonomi untuk masyarakat sekitarnya," kata dia.
Menurutnya, agar masjid islamic centre yang bakal dibangun ini tidak lepas dari yang sudah direncanakan bersama anggota IKPS dan warga. Termasuk segala teknik konstruksinya yang dibangun oleh kontraktor yang akan mengerjakan. “Kita minta kepada anggota IKPS dan warga untuk dapat bergandengan tangan dalam mewujudkan pembangunanan ini," sebutnya. (501)
------------------------------------------

Bencana Bisa Datang Kapan Saja, Masyarakat Diminta Terus Waspada

Padang Pariaman, Singgalang
Beberapa minggu terakhir ini wilayah Kabupaten Padang Pariaman sangat sering menghadapi cuaca ekstrim, seperti curah hujan yang sangat tinggi, angin kencang dan tanah lonsor.
Sebagai daerah yang secara geografis terdiri dari perbukitan, lautan dan perairan sungai, Padang Pariaman sangat rawan bencana. Warga perlu waspada karna bencana bisa datang kapan saja.
Oleh karena itu, Bupati Ali Mukhni selalu mengingatkan dan mengingtruksikan kepada organisasi perangkat daerah (OPD) terkait seperti Dinas Pekerjaan Umum (DPU), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran dan Dinas Sosial agar selalu proaktif dan cepat tanggap bersama pemerintahan kecamatan dan nagari terhadap kondisi di lapangan.
"Saat ini kita bersama OPD terkait sudah mendata daerah-daerah terdampak bencana, yang tentunya perlu penanganan, baik infrastruktur maupun sosial kemasyarakatannya. Kita sudah memasukan surat permohonan bantuan sekaligus laporan ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Dinas PU Provinsi serta pihak Wilayah Balai dan Sungai untuk bisa membantu menangani daerah terdampak bencana yg tidak mampu kita tangani dana APBD Padang Pariaman," ujarnya.
Ali Mukhni pun mengajak dan menghimbau seluruh masyarakat untuk selalu waspada dan berdoa serta selalu mendekatkan dri kepada Allah Yang Mahakuasa. "Semoga bencana dijauhkan dari daerah kita dan semua usaha kita diridhoi oleh Allah Yang Mahaagung, aamiin," katanya lagi. (501)
-------------------------------------------

HKN ke-60 Padang Pariaman Ditandai Hadirnya Duta Gizi di Sekolah

Padang Pariaman, Singgalang
Kegiatan peringatan Hari Gizi Nasional (HGN) ke-60 tahun 2020 tingkat Kabupaten Padang Pariaman berlangsung di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 02 Padang Pariaman sebagai wilayah kerja Puskesmas Pauh Kambar, Kecamatan Nan Sabaris, Rabu lalu.
Pada kesempatan itu dilaksanakan pengukuhan Duta Gizi, Kampanye Gizi Seimbang, Kampanye Germas Hidup Sehat pada remaja, pencanangan komitmen oleh Kepala Sekolah MTSN 02 Padang Pariaman, penyuluhan sarapan sehat serta bagi-bagi buah dan sayur kepada siswa MTSN 02.
Peringatan HGN ke-60 ini bertema "Gizi Optimal untuk Generasi Milenial". Guna mewujudkan generasi milenial yang sadar gizi ini telah dilaksanakan sejumlah kegiatan tingkat kecamatan. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan, H. Yutiardy Rivai yang diwakili Sekretaris Dinkes H. Firdaus, Kabid Kesmas Hj. Nurhayati Mila, Kasi Kesga Gizi, Pengelola Gizi, Kepala Puskesmas Pauh Kambar beserta petugas gizi dan tim serta Kepala MTsN 02 beserta jajaran.
Kepala Dinas Kesehatan menyebutkan, tujuan peringatan HGN ke-60 ini antara lain meningkatkan pengetahuan dan peran aktif masyarakat  khususnya generasi milenial, tentang kesehatan dan gizi, menyebarluaskan informasi dan promosi kepada masyarakat tentang pentingnya gizi yang optimal dalam pembangunan SDM yang berkualitas.
Selanjutnya, meningkatkan peran media massa dalam kampanye gizi remaja sebagai salah satu upaya penanggulangan stunting, meningkatkan komitmen dan kerja sama antara pemerintah, baik sektor kesehatan maupun non kesehatan, di tingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota serta swasta dalam kesehatan dan gizi.
Rangkaian kegiatan HGN yang dilaksanakan pada MTsN 02 ini di antaranya: pengukuhan duta gizi yang telah dibentuk pada madrasah ini yang akan bertugas sebagai motivator dan contoh untuk siswa-siswi lainnya di lingkungan madrasah, serta mengajak generasi milenial supaya sadar gizi.
"Kita sangat mengapresiasi madrasah ini. Melalui duta gizi kita bisa ciptakan generasi yang sehat, bebas anemia dan berprestasi tinggi," kata Kadinkes sebagaimana dikemukakan Sekdinkes Firdaus.
Pengukuhan duta gizi (8 orang) ditandai dengan pemasangan pin dan selempang duta gizi oleh Kepala Dinas Kesehatan yang didampingi Kabid Kesmas, Kepala MTsN, Kepala Puskesmas, Kasi dan Pengelola Gizi. Selain itu juga diadakan pencanangan dan komitmen Kepala MTsN 02 yang akan melaksanakan kegiatan sarapan sehat bersama pada siswa-siswi madrasah tersebut. (501)

1 komentar:

  1. Numpang promo ya gan
    kami dari agen judi terpercaya, 100% tanpa robot, dengan bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% segera di coba keberuntungan agan bersama dengan kami
    ditunggu ya di dewapk^^^ ;) ;) :*

    BalasHapus