Rabu, 29 Januari 2020

Dianggap Daerah Luar Biasa Dinas Kominfo Kabupaten Pali Belajar ke Padang Pariaman

Parik Malintang--Dinas Kominfo Padang Pariaman menerima kunjungan Dinas Kominfo Kabupaten Pali, Provinsi Sumatera Selatan, Rabu (29/1). Rombongan dipimpin oleh Kabid TIK Dinas Kominfo Bertha Haryanto. Zahirman, Kepala Dinas Kominfo dan Kabid TIK Romi S Cahyadi, dan didampingi oleh beberapa orang kasi dijajaran Dinas Kominfo Padang Pariaman menerima kunjungan ini.
Dalam kunjungannya, Bertha Haryanto yang didampingi dua kasi di jajaran Dinas Kominfo Kabupaten Pali menyampaikan, bahwa Kabupaten Pali adalah daerah pemekaran dari Kabupaten Muara Enim. Sebagai daerah yang baru pemekaran 2013 kemaren, tentu perlu banyak belajar kepada kabupaten lainya di Indonesia, termasuk ke Kabupaten Padang Pariaman yang sudah berusia lebih dari seratus tahun dan tingkat kematangannya tentu sudah sangat tinggi, bahkan sudah sering mendapat berbagai penghargaan tingkat nasional.
"Kita datang ke Padang Pariaman ini terdiri dari rombongan gabungan tiga OPD, Dinas Kominfo dan dua dinas lainya, yaitu Dinas Capil dan Dinas Kesehatan. Kunjungan ini ingin mendapat informasi dan pelajaran terkaitan pengelolaan dan pengembangan OPD agar bisa diterapkan di Pali, terkhusus mungkin di tiga dinas ini," ujar Bertha Haryanto.
Terkhusus Dinas Kominfo, katanya, pihaknya ingin tahu langkah apa yang dilakukan untuk mewujudkan Dinas Kominfo Padang Pariaman bisa seperti sekarang ini, sejak berdirinya optimis untuk menjalani tipe A. "Asumsi kita, tentu kepala dinasnya sangat memiliki sesuatu yang luar biasa dan bahkan Padang Pariaman sudah mewujudkan program Smart City," tanya  Bertha Haryanto sekaligus ungkapan kesalutannya pada sosok Kadis Kominfo Padang Pariaman.
Informasi, lanjutnya, merupakan kebutuhan pokok setiap orang bagi pengembangan pribadi dan lingkungan sosialnya serta merupakan bagian penting bagi ketahanan nasional. Hak memperoleh informasi merupakan hak asasi manusia dan keterbukaan informasi publik merupakan salah satu ciri penting negara demokratis yang menjunjung tinggi kedaulatan rakyat untuk mewujudkan penyelenggaraan negara yang baik.
Bertha Haryanto menyatakan terima kasih kepada Pemerintah Padang Pariaman dan mengakui banyak hal yang dapat dijadikan pelajaran dalam kunjungannya. Dia, berharap Dinas Kominfo Padang Pariaman tetap membuka komunikasi terhadap persoalan-persoalan yang membutuhkan jawaban nantinya sesampai di Kabupaten Pali
"Kita berkeinginan akan ada Mou dan kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Pali dengan Kabupaten Padang Pariaman terkait tata kelola pemerintah yang baik," ungkapnya.
Kadis Kominfo Padang Pariaman, Zahirman menyebutkan, keterbukaan informasi publik merupakan sarana dalam mengoptimalkan pengawasan publik terhadap penyelenggaraan negara dan badan publik lainnya dan segala sesuatu yang berakibat pada kepentingan publik sebagaimana yang diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 14 tahun 2008
Jadi, lanjut Zahirman menegaskan, semua kebijakan dalam melahirkan atau menjalani program dasar berpijak adalah UU. Untuk di Padang Pariaman di samping UU Pemerintah Daerah, juga membuat Perda-nya dan Perbup yang mengatur tentang segala sesuatunya. Namun pendekatan regulasi itu belum cukup untuk bisa meyakinkan semua OPD. Perlu melakukan pendekatan persuasif, menjalin komunikasi yang intens dengan semua kepala OPD di semua level kedinasan.
"Dinas Kominfo itu berbuat bukan untuk dirinya sendiri, tapi perlu dukungan dari semua OPD terkait. Dan yang lebih penting itu adalah komitmen kepala daerah untuk mendukung program yang akan dijalankan, tentu juga berawal dari bagaimana kita meyakininya," kata Zahirman.
Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni, kata Zahirman, sangat respon dan mendukung penuh program-program Dinas Kominfo karena beliau memahami bahwa inilah salah satu jalan untuk menciptakan pelayanan prima, memastikan kemudahan terhadap pelayanan publik dan akan bisa menata pemerintahan yang good goverment tersebut.
"Bahkan tidak jarang beliau terlibat langsung dalam setiap persentasi sesuai permintaan di berbagai daerah bahkan di kementrian sekalipun," ujar Zahirman. (501)

1 komentar:

  1. Numpang promo ya gan
    kami dari agen judi terpercaya, 100% tanpa robot, dengan bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% segera di coba keberuntungan agan bersama dengan kami
    ditunggu ya di dewapk^^^ ;) ;) :*

    BalasHapus