Senin, 06 Januari 2020

Suhatri Bur Mohon Doa dan Dukungan Masyarakat Tembok Peringatan Maulid Adalah Wadah untuk Membangun Surau dan Masjid

Sintuak--Kesibukan di Surau Tembok terlihat, Senin (6/1) siang menjelang petang. Masyarakat hampir bersamaan tibanya di surau menjujung jamba, untuk jamuan makan sore. Begitu juga lamang, sebagai hadiah untuk para tamu dan urang siak yang berjibaku sejak Minggu malamnya memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, diangkut oleh masyarakat ke surau.
Lazim di Surau Tembok, Nagari Sintuak, Kecamatan Sintuak Toboh Gadang ini melakukan peringatan maulid di akhir-akhir bulan. Di Padang Pariaman Jumadil Awal ini juga dinamakan bulan Maulid Kedua. Sedikit berbeda dengan korong lainnya di daerah itu, di Korong Tembok hanya ada satu surau, dan seorang labai.
"Maulid adalah bagian dari tradisi membangun kebersamaan dan menyambung tali silaturrahim antar ipar besan, andan pasumandan, dan anak yang berbako," kata Wabup Suhatri Bur yang hadir pada jamuan akan dimulai bersama Kabag Hukum Setdakab Padang Pariaman Rifki Monrizal.
Lewat peringatan maulid ini, kata dia, masyarakat membangun bengkalai surau yang tak pernah selesainya. Dan tak heran, sejak mulai masuk bulan maulid, yakni Rabiul Awal hingga Jumadil Awal ini, agenda Pemkab Padang Pariaman selalu ada untuk menghadirinya. Bahkan dalam sehari ada empat sampai tujuh buah surau dan masjid yang melakukan acara yang bertujuan memulyakan Nabi Muhammad SAW tersebut.
Suhatri Bur sekalian minta doa restu dan dukungan, agar bisa melanjutkan kepemimpinannya. "Sekarang baru Wabup. Kalau ada retak tangan atau takdir yang disertai doa dan dukungan masyarakat, maka kita akan jadi bupati," katanya.
Melihat kondisi Surau Tembok yang masih terbengkalai, Suhatri Bur memastikan bahwa pokok pikiran anggota dewan Topik Hidayat untuk tahun anggaran 2021 dialokasikan ke kelanjutan pembangunan surau ini. "Tolong diingatkan nanti, agar POkir itu tidak berpindah tempat ke lokasi yang lain," kata Suhatri Bur yang diamini Topik Hidayat, anggota DPRD Padang Pariaman dari PAN yang hadir juga dalam maulid itu.
Wabup yang juga Ketua DPD PAN Padang Pariaman ini juga menjanjikan pengaspalan jalan dari Tembok ke Korong Palembayan. "Memang kita saksikan bersama, kondisi jalan Tembok - Palembayan sudah banyak yang berlobang. Dan itu harus kembali diaspal. Untuk itu butuh kebersamaan kita, baik masyarakat yang tinggal di kampung maupun hubungan baik antara ranah dan rantau," ulas dia.
Topik Hidayat, anggota DPRD yang berangkat dari Dapil II Padang Pariaman ini mengakui, bahwa tahun ini belum banyak yang bisa dilakukan anggota dewan hasil Pileg 2019 lalu. Tapi yang jelas, tahun depan sudah direncakan dari sekarang. "Soal calon bupati, lazim terjadi di kalangan urang awak, warih bajawek, pusako batarimo. Artinya, Ali Mukhni jadi bupati setelah sebelumnya jadi wakil bupati. Tentu tahun ini begitu juga hendaknya. Suhatri Bur yang wakil bupati saat ini, insya Allah akan jadi bupati, melanjutkan bengkalai Ali Mukhni," harap Topik Hidayat yang didampingi Bendahara DPD Padang Pariaman, Syafruddin. (501)






1 komentar:

  1. Numpang promo ya gan
    kami dari agen judi terpercaya, 100% tanpa robot, dengan bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% segera di coba keberuntungan agan bersama dengan kami
    ditunggu ya di dewapk^^^ ;) ;) :*

    BalasHapus