Minggu, 02 Agustus 2020

Bupati Ali Mukhni Dinilai Mampu Menjaga Pertumbuhan Ekonomi Daerah

Ada yang menarik dari kunjungan Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno ke Main Stadium Sumbar di Sikabu Lubuk Alung, Jumat, 31/7. Dalam bincang-bincang santai tersebut terungkap dua kepiawaian Ali Mukhni yang disebut Irwan Prayitno. 

Yang pertama, katanya, Kabupaten Padang Pariaman menjadi dua besar pertumbuhan ekonomi tertinggi di Sumatera Barat di bawah Kabupaten Dharmasraya. Hal ini dikarenakan banyaknya pembangunan berskala besar di Padang Pariaman, baik dari APBD provinsi maupun yang bersumber dari APBN yang membelanjakan uangnya di Padang Pariaman. 

Irwan Prayitno melanjutkan, faktor kedua adalah kelihaian Ali Mukhni meracik APBD. Meskipun APBD defisit tetapi pertumbuhan ekonomi tetap tinggi. Hal ini tentu saja alokasi APBD lebih banyak pada sektor rill, seperti pembangunan yang menyerap tenaga kerja, pembangunan akses produksi pertanian dan pengembangan sektor UKM, perikanan, peternakan dan pertanian berjalan.  

Ali Mukhni mendengar pujian seperti itu langsung saja mengatakan, itukan berkat arahan Bapak Gubernur serta kepercayaannya meletakkan program pembangunan di Kabupaten Padang Pariaman. 

Seperti diketahui, bahwasanya berdasarkan laporan Badan Pusat Statistik (BPS), angka pertumbuhan ekonomi Kabupaten Padang Pariaman jika transportasi dan pergudangan Bandara Internasional Minangkabau (BIM) dimasukkan dalam indikator pertumbuhan, maka pertumbuhan ekonomi Padang Pariaman hanya 2.51 persen.

"Hal ini disebabkan pada tahun 2019 arus penumpang dan barang turun, karena harga tiket naik. Tapi kalau tidak di hitung transportasi dan pergudangan BIM, pertumbuhan ekonomi Padang Pariaman 2019 sebesar 6.42 persen, salah satu tertinggi di Sumatera Barat," katanya. (501)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar