Minggu, 01 Maret 2020

Didikan Subuh Berprestasi Sumbar Patamuan Wakili Padang Pariaman

Patamuan--Gerkan Subuh Mubarakah (GSM) tingkat Kecamatan Patamuan, Kabupaten Padang Pariaman yang baru saja diadakan di Nagari Kampung Tanjung Koto Mambang Sungai Durian menjadi berkah tersendiri oleh nagari tersebut.
"Alhamdulillah sebagai tuan rumah, kita bekerja secara maksimal. Hasilnya, cukup dirasakan. Bahkan jemaah yang ikut GSM ini sampai shalat di teras Masjid Raya Koto Mambang," kata Walinagari Kampung Tanjung Koto Mambang Sungai Durian, Khairunnas, Senin (2/3).
Menurut dia, pihaknya ingin membuat hal yang sama di tingkat nagari, yang langsung nagari dan Ikatan Guru Mengaji (IGM) nagari yang mengadakannya. Acaranya sama, dua bulan sekali, bergiliran di enam korong yang ada di nagari ini. "Ada nilai positif yang bisa kita ambil dari GSM ini. Namun, ketika pihak kabupaten menamakan acaranya, kita sedikit kecewa," ulas dia.
Khairunnas mengajak seluruh masyarakatnya, untuk terus melakukan kebaikan. "Di samping GSM yang digelar sekali dua bulan, di Masjid Raya Koto Mambang juga terus dilakukan Magrib dan Isya berjemaah, serta mengaji bersama. Dan dijadwalkan setiap tahun ada khatam Quran umum di nagari itu," ungkapnya.
Enam korong di nagari ini, kata Khairunnas, Simpang Tigo Koto Mambang, Kampung Tangah, Mudiak Aie, Kampung Tanjung, Sawah Tuko, dan Korong Lubuak Punggai. Sesuai kesepakatan, GSM nagari akan dimulai secara bergiliran atau di satu tempat, yang lokasi tetap di Masjid Raya Koto Mambang sebagai masjid nagari.
"Soal bergiliran atau satu tempat, ini masih dalam perdebatan. Yang jelas, GSM nagari tetap akan dilakukan sebagai upaya meningkatkan amal ibadah, serta menyemarakan masjid dan surau yang ada di tengah masyarakat," sebut Khairunnas.

Didikan Subuh berprestasi tingkat Sumbar

Tahun ini, Kecamatan Patamuan ditetapkan sebagai wakil Kabupaten Padang Pariaman dalam penilaian didikan Subuh berprestasi tingkat Sumatera Barat. "Alhamdulillah, hal ini telah di tetapkan oleh kabupaten, sekaitan berhasilnya MDA Lubuk Aro bersaing dengan MDA lainnya di Padang Pariaman dalam soal didikan Subuh," kata Kepala KUA Patamuan, Kasmir.
Persiapan untuk itu, kata Kasmir, telah dilakukannya sejak adanya penetapan tersebut. "Seluruh MDA/TPQ/TPA/TPSA ikut terlibat dalam kesuksesan penilaian yang akan dilakukan tim Sumatera Barat tahun ini. Begitu juga tokoh masyarakat, walinagari, camat, IGM, Penyuluh Agama, anggota dewan dari Patamuan menyambut baik anugrah demikian," ujar Kasmir.
"Belajar dari GSM tingkat kecamatan yang diadakan di Nagari Kampung Tanjung Koto Mambang Sungai Durian beberpa waktu, agaknya para walinagari lain di kecamatan ini perlu mencontoh. Kegigihan Walinagari Khairunnas membuahkan hasil yang amat sangat luar biasa, dan pada akhirnya jadi percontohan," ungkapnya.
Pihaknya ingin, didikan Subuh berprestasi tingkat Sumbar itu sukses. Sukses meraih juara, dan sukses pula untuk menyemarakkan GSM dan didikan Subuh di seluruh lembaga keagamaan yang ada di Patamuan. "Kita memberikan apresiasi yang tinggi atas kepedulian anggota dewan Padang Pariaman, Basir yang telah ikut andil kesuksesan GSM tersebut. Begitu juga Camat Patamuan, Imran Rafi'i yang hampir tiap sebentar memonitor persiapan acara," ulas dia. (501) 

1 komentar:

  1. Numpang promo ya gan
    kami dari agen judi terpercaya, 100% tanpa robot, dengan bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% segera di coba keberuntungan agan bersama dengan kami
    ditunggu ya di dewapk^^^ ;) ;) :*

    BalasHapus