Rabu, 06 Juni 2018

Baru Dilantik Walinagari Singguliang Gelar Khitanan Massal

Lubuk Alung--Meski baru dilantik beberapa hari lalu, Walinagari Singguliang, Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman Jusri Mansyah langsung menyelenggarakan kegiatan sunatan massal. Sebanyak 33 orang anak-anak dari 5 korong di Nagari Singguliang mengikuti sunnatan massal yang diselenggarakan di Surau Rumbio, Rabu (6/6).
Walinagari Singguliang Jusri Mansyah dalam sambutannya mengatakan, dengan kegiatan sunnatan massal ini masyarakat bisa terbantu. Minimal orangtua dari anak-anak yang mengikuti kitanan massal ini bisa terbantu. “Semula rencana sunnatan missal ini akan dilaksanakan tahun depan. Namun masa libur anak-anak sekolah sudah mulai dan masih panjang menjelang lebaran dan usai lebaran, maka diputuskan diselenggarakan tahun ini saja. Insya Allah tahun mendatang dapat dikembangkan lebih baik lagi,” kata Jusri.
Kitanan massal ini terlaksana atas dukungan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Padang Pariaman yang mendatangkan obat-obatan dan tenaga medis. Dinas Kesehatan sudah menjanjikan kalau dilantik menjadi Walinagari, maka Dinkes siap membantu program walinagari terkait dengan kesehatan masyarakat. “Kegiatan pertama yang kita laksanakan adalah sunatan missal yang diikuti sebanyak 33 orang dari 5 korong,” katanya.
Sekretaris Camat Lubuk Alung Khairul Anwar merasa bangga dengan sosok Walinagari Singguliang yang mampu menyelenggarakan sunatan massal ini. Kita patut memberikan apresiasi kepada walinagari yang baru dilantik ini,” katanya. 
Kepala Puskesmas Lubuk Alung, Nur Afiah mewakili Dinas Kesehatan Padang Pariaman mengungkapkan, disiapkan 10 orang tenaga medis untuk melakukan khitanan. Pelaksanaannya tidak terasa sakit bagi anak-anak, tidak mengeluarkan darah seperti sunatan sebelum ini. Dengan tersedianya 3 meja tempat penyunatan yang dilakukan tim medis, dengan rentang waktu 15 – 20 menit per satu orang anak.
Koordinator Pelaksana khitanan massal Walikorong Singguliang II Ahmad Rizki Pernanda, menyebutkan, pelaksanaan kegiatan ini dilakukan oleh perangkat Nagari Singguliang. (501)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar